riau24 Inilah penyebab Matinya Listrik di Rokan Hulu | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Inilah penyebab Matinya Listrik di Rokan Hulu

0
Kera Tergatung di Tiang Listrik di Kepenuhan
Berita Riau -  Inilah penyebab Matinya Listrik di Rokan Hulu
Rohul, Riau24.com - Masyarakat Rokan Hulu (Rohul) resah dengan seringnya mati lampu di Rumahnya beberapa hari ini. Ari satu diantara warga Kepenuhan yang mengeluh akibat sering padanya listrik di saat jam krusial belakangan ini.
 
Ia menambahakan, Perusahaan listrik Negara (PLN) bisa mematikan listrik seperti "minum Obat" yakni, tiga kali dalam sehari. Tentunya hal ini sangat meresahkan masyarakat, terlebih matinya di jam-jam krusial.
 
"Matinya seperti minum obat mas, tiga kali sehari. Seperti pagi sekira pukul 06:00 WIB, Siang sekira jam 14:00 dan magrib pukul 18:30 WIB. Kalau kaya gini terus kan bisa rusak prabotan saya mas," katanya (3/1/2015)
 
Dirinya berharap, pihak PLN Rohul bisa menjelaskan mengapa hal ini bisa terjadi, dan bagaimana solusinya. Pasalnya, bila hal ini dilakukan secara terus-menerus tentunya akan berdampak buruk bagi aktivitas masyarakat.
 
Ari menjelaskan, dalam sehari listrik bisa mati dalam tiga kali dalam rentan waktu mati sekira setengah jam hingga satu jam. Hingga saat ini dirinya masih belum mengetahui apa penyebabnya.
 
"Semoga di 2016 ini PLN gak sering mati-mati lagi mas. Kan repot kalau mati-mati terus, waktunya istirahar eh malah mati lampu," ungkapnya.
 
Menanggapi keluhan masyarakat tentang seringnya listrik padam di sejumlah daerah di Rohul. Plan Maneger PLN rayon Pasirpangaraian ‎Andi Prasetiawan menjelaskan, masalah pemadaman pada belakangan ini diakui dirinya menang terjadi.
 
Ia menambahkan, banyak faktor yang menyebabkan terjadinya pemadaman listrik di sejumlah daerah yang ada di Rohul. Satu diantaranya ganguan jaringan yang disebabkan oleh Pohon, Tupai, Kera atau monyet dan lain sebagainya.
 
Ganguan jaringan yang disebabkan oleh pohon, kera dan lainya itu, disebut dengan pemadaman tidak terencana, dalam hal ini pihaknya selalu mencari tahu dimana titik-tik yang terjadi ganguan. Untuk se‎lanjutnya melakukan perbaikan.
 
Untuk memperbaiki jaringan yang disebabkan faktor alam. Pihaknya hanya membutuhkan waktu sekira 10 Menit hingga 30 menit tergantung tingkat kesulitanya.
 
"Biasanya mas, jaringan yang disebabkan oleh hewan seperti kera yang bergelantungan di tiang-tiang kita. Dan mati disana, makanya kita cari dulu dimana kera itu berada untuk dilakukan perbaikan," jelasnya.
 
Bukan hanya kera saja, ular dan pohon juga sering mengganggu jaringan ‎listrik. Yang menyebabkan padamnya listrik di sejumlah daerah. Untuk itulah, saat ini pihaknya telah bekerjasama dengan pihak PLN Pekanbaru untuk membersihkan beberapa ganguan jaringan yang ada di Rohul.
 
Lebih lanjut dijelaskannya, sedangkan untuk pemadaman terencana. Biasanya disebabkan seperti tumbang nya tiang listrik, penggantian travo dan kerusakan mesin pembangkit listrik. Dari ganguan tersebut, nantinya akan ada pemadaman bergilir disejumlah daerah.
 
"Upaya yang kita lakukan dalam meminimalisir gangguan tersebut yakni dengan melakukan pemangkasan jaringan. Dalam artian pohon-pohon masyarakat yang sudah mendekati kabel. Tentunya akan di potong agar tidak menganggu," tuturnya.
 
Andi juga menghimbau kepada masyarakat, untuk merelakan sebahagian cabang pohonya direlakan untuk dipotong. Hal ini bertujuan agar tidak menimbulkan ganguan jaringan yang menyebabkan terjadinya pemadaman listrik.
 
"Ya memang ada sih beberapa warga yang tak ingin pohonya di tebang. Tapi kan ini semuanya demi kepentingan kita bersama. Agar tidak ada lagi ganguan yang menyebabkan padanya listrik," pungkasnya.
 
R24/awa/ags
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru