riau24 Tahun Ini Bayi dan Anak Akan Punya KIA | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Tahun Ini Bayi dan Anak Akan Punya KIA

0
Suardi, S.Sy - Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai.
Berita Riau -  Tahun Ini Bayi dan Anak Akan Punya KIA

Dumai, Riau24.com  Tahun ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan segera menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk Kabupaten/Kota, salah satunya Kota Dumai.

“Tahun ini Kemendagri akan segera menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA) untuk Kabupaten/Kota salah satunya Kota Dumai. KIA akan dimiliki bayi yang baru lahir hingga remaja berusia 17 tahun,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai, Suardi, S.Sy kemarin.

Lanjutnya, selain sebagai identitas diri, kepemilikan KIA juga sebagai bentuk pemenuhan hak konstitusional sekaligus bisa dimanfaatkan untuk mengurus administrasi seperti pendaftaran sekolah, menabung di bank, pemeriksaan kesehatan di Puskesmas dan lain sebagainya.

“Didalam KIA akan tertera nama, alamat, nama orang tua, nomor kartu penduduk, dan sejumlah identitas diri lainnya. KIA juga bisa dibawa kemana-mana sehingga dapat memberikan perlindungan kepada anak-anak kita. Terutama saat anak hilang dikeramaian identitas tersebut akan memudahkan untuk menemukan alamat tempat tinggalnya,” terangnya.

Terkait kapan akan diberlakukan di Dumai, menurut Suardi pihaknya masih menunggu petunjuk pelaskanaan dari Kementerian terkait.

“Kami masih menunggu petunjuk pelaksanannya dari Kemendagri, belum lama ini kita sudah diundang mengikuti rapat koordinasi dengan pihak Kemendagri di Jakarta. Dan tinggal menunggu petunjuk saja,” tukas mantan Kakan Pasar Kota Dumai ini.

R24/awa/dik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru