riau24 Pengamat: Tidak Elok Pemerintah Mendanai Kongres HMI ini Pakai Uang Negara | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Pengamat: Tidak Elok Pemerintah Mendanai Kongres HMI ini Pakai Uang Negara

0
Berita Riau -  Pengamat: Tidak Elok Pemerintah Mendanai Kongres HMI ini Pakai Uang Negara
Pekanbaru, Riau24.com - Masih ingat dengan Kongres HMI 2015 di Pekanbaru, Provinsi Riau yang dikabarkan aktifitasnya memakai dana APBD dan APBN alias pakai uang negara. Kondisi demikian ini masih menjadi perhatian sejumlah pihak minta pemerintah agar tidak mendanai.
 
"Sampai disaat ini saya tidak tahu pasti. Apakah jadi itu, pemerintah menyalurkan dana untuk aktifitas Kongres HMI beberapa waktu lalu di Kota Pekanbaru ini. Tetapi, dari awal telah saya tegaskan kepada pemerintah untuk tidak mendanai aktifitas tersebut, dikarena sangat tidak elok," ujar Saiman.
 
Pengamat Politik dan Kebijakkan Publik ini mengatakan, anggaran negara untuk kegiatanya Kongres HMI, yang terlebih anggaran akan digelontorkan tersebut, mencapai miliaran rupiah itu tidak elok bagi organisasi seperti HMI. Dan juga sangat tidak pantas. Maka jangan dibayarkan pemerintah.
 
Menurut Saiman, adanya alokasi anggaran untuk kegiatannya HMI perlu ditelusuri, karena ini berkait pemakaian uang rakyat mestinya harus dapat dipertanggungjawab.
Selain itu, apakah dana memang diminta dari HMI atau memang ini pemerintah sendiri yang memang sengaja gelontorkan.
 
"Jadi bagusnya HMI menjelaskan apa benar mereka yang mengirim proposal Rp3 miliar. Mereka juga harus menjelaskan, apakah dana sebesar itu untuk kongres," sebut Saiman sembari menegaskan itu, mahasiswa seperti dari organisasi HMI peduli kepada rakyat, jangan dinilai miring nantinya.
 
Seperti diketahui, khususnya dari APBD Riau itu pemerintah dalam pelaksanaan Kongres HMI sudah berlangsung pada tanggal 22 - 26 November 2015 dan diperpanjang hingga beberapa hari kedepan, di Pekanbaru. Yang dalam kegiatan ini sempat terjadi kericuhan antar sesama peserta kongres.
 
Sebelumnya, ada pernyataannya Ketua HMI Pekanbaru Syueb. Dia mengatakan, untuk pelaksanaan kongres mendapat bantuan dana APBN sebesar Rp2 miliar dipakai menanggung biaya tiket pesawat peserta kongres. Juga dari APBD Riau melalu dana hibah mencapai sebesaran Rp3 miliar.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru