riau24 Menguak Penyebab Motor Matik Loyo di Tanjakan | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Menguak Penyebab Motor Matik Loyo di Tanjakan

0
Salah satu masalah pada motor skutik Yamaha seperti Mio, Fino, dan Mio J adalah tidak kuat saat ditanjakan
Berita Riau -  Menguak Penyebab Motor Matik Loyo di Tanjakan
Depok, Riau24.com - Salah satu masalah pada motor skutik Yamaha seperti Mio, Fino, dan Mio J adalah tidak kuat 'diajak' berkendara di tanjakan. Sering kali tenaga motor hilang saat melewati jalan itu. Apa penyebabnya?

Faisal, mekanik Yamaha Dimas Motor yang terletak di Depok, Jawa Barat, mengatakan bahwa kemungkinan sumber masalahnya berasal dari kebocoran selang karburator vakum yang ada di intake manifold.

Untuk diketahui, selang ini berfungsi untuk membuka dan menutup keran bensin yang menuju ruang pembakaran. Agar pembakaran sempurna, selang ini harus kedap udara dan tidak boleh bocor.

"Kalau bocor, udara masuk, bahan bakar yang disedot jadi di bawah standar. Akibatnya pembakaran jadi tidak sempurna dan tenaga pun hilang," ujar Faisal kepadaLiputan6.com, Selasa (5/1/2016).

Selain itu, masalah lainnya kemungkinan berada di komponen CVT. "Bisa jadi juga masalahnya ada di kampas ganda, mangkok ganda, v-belt, sama roller. Intinya bagian CVT nya lemah," tambah pria yang telah menjadi mekanik Yamaha selama 4 tahun ini.

Untuk menangani masalah ini, Faisal mengatakan bahwa solusinya adalah dengan mengganti komponen yang rusak.

"Solusinya ganti komponen yang rusak. Harga kampas ganda Rp 265 ribu, mangkuk ganda Rp 185 ribu, v-belt Rp 85 ribu, sedangkan roller Rp 110 ribu. Ini ditambah biaya servis Rp 30 ribu," tutupnya.

R24/rno
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru