riau24 Hadapi Persaingan MEA, Kontraktor Lokal Harus Bisa Jadi Macan Di Kandang Sendiri | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Hadapi Persaingan MEA, Kontraktor Lokal Harus Bisa Jadi Macan Di Kandang Sendiri

0
Berita Riau -  Hadapi Persaingan MEA, Kontraktor Lokal Harus Bisa Jadi Macan Di Kandang Sendiri
Pekanbaru, Riau24.com -  Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang sedang hangat menjadi perbincangan dihampir seluruh kalangan masyarakat di Indonesia. Hal ini tidak luput dari pandangan Ketua dpd asosiasi kontraktor nasional provinsi Riau Ilmiyawan yang mengatakan dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau pasar ASEAN sebagian besar asosiasi yang menaungi kontraktor masih tersandung masalah sertifikasi "Kesadaran anggota untuk melakukan sertifikasi badan usaha dan tenaga kerja masih rendah," kata ilmiyawan.

Lebih lanjut Ilmiyawan memaparkan bahwa MEA dapat membawa ancaman sekaligus tantangan bagi kontraktor Iokal. Hal ini dianggapnya wajar karena setiap pasar baru pasti memunculkan regulasi baru. Untuk itu ia berpesan kepada pengurus cabang askonas di kabupaten/kota harus mampu mengantisipasi ancaman tersebut dengan lebih baik untuk bisa menciptakan peluang mengayomi anggota agar bisa megaum seperti macan dikandang sendiri

"Masalah sertifikasi, seharusnya sudah diantisipasi sejak awal. Hanya sekitar 30-40 persen sertifikat badan usaha yang melakukan registrasi setiap tahunnya itu dikarnakan kontraktor lokal tidak mendapatkan pekerjaan sehingga mereka enggan melakukan registrasi Padahal pintu pasar ASEAN sudah dibuka. Biasanya ini terjadi akibat tidak tanggapnya asosiasi yang mengayomi kontraktor tersebut, sehingga kini tidak mampu mengantisipasi ancaman MEA,"jelasnya.

Tak hanya itu, Ilmiyawan pun mengatakan tak sedikit asosiasi atau lembaga kontraktor saat ini justru masih ketar-ketir dalam menghadapi MEA. Menurutnya, ini merupakan akibat dari meremehkan sertifikasi badan usaha mau pun tenaga teknik.
R24/mla 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru