riau24 Pembakar Hutan Menangkan Gugatan karena UU Lemah | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Pembakar Hutan Menangkan Gugatan karena UU Lemah

1
Berita Riau -  Pembakar Hutan Menangkan Gugatan karena UU Lemah

Jakarta, Riau24.com - Putusan Pengadilan Negeri Palembang, Sumatera Selatan yang menolak gugatan perdata Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) terhadap pembakaran hutan PT BMH pada Rabu, 30 Desember 2015, jangan dinilai tendensius.

“Hakim dalam mengambil keputusan selalu berdasarkan fakta hukum bukan opini. Jadi jangan tendensius menilai hakim,” ujar politikus Golkar Firman Subagyo, di Jakarta, Selasa (5/1/2016).

Menanggapi banyaknya suara yang mempertanyakan hasil putusan tersebut, Firman Subagyo yang juga pimpinan Komisi IV ini menegaskan ia tidak ingin membela hakim atau pengusaha yang terkait dalam kasus ini. Hal itu semata ingin meluruskan pandangan masyarakat saja. Sebab dia banyak tahu soal kebakaran hutan dan UU yang lemah.

“Saya tidak dalam posisi membela hakim atau pengusaha, tapi saya mengerti persoalan yang diproses dalam pengadilan itu. Jadi saya paham mengapa majelis hakim di bawah pimpinan Parlas Nababan memutuskan menolak gugatan perdata kementerien LHK,” tegasnya.

Karena itu, Firman mengajak mereka yang keras memprotes dan juga LSM yang menolak putusan itu, untuk melakukan evaluasi masalah yang terjadi, juga evaluasi atas regulasi yang ada. “Kalau LSM punya data yang dapat memperkuat gugatan Kementerian LHK, ya dibantu dong, biar pemerintah kuat, bukan cuma protes saja," tuturnya.

Menuurut Firman, kelemahan gugatan Kementerian LHK sehingga ditolak majelis hakim karena data dan basis UU-nya lemah. ”Jadi masyarakat jangan diberi angin surga alias janji manis, padahal sesunguhnya hal itu sangat lemah dan mudah dipatahkan hakim," ucapnya.

Firman yang juga sebagai pimpinan Badan Legislasi DPR, mengajak pemerintah untuk melakukan evaluasi menyeluruh, menyangkut sejumlah regulasi atau UU tentang kehutanan agar tidak tumpang tindih. "Dan yang terpenting, pemerintah juga melaksanakan UU tersebut,"tukasnya.

R24/rno
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 03 November 2017 21:40 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/lm3HgNo.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru