riau24 Ini yang Bikin Knalpot Yamaha V-ixion Nembak Saat Deselerasi | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Tips Dan Trik

Ini yang Bikin Knalpot Yamaha V-ixion Nembak Saat Deselerasi

0
Foto: Iwanbanaran
Berita Riau -  Ini yang Bikin Knalpot Yamaha V-ixion Nembak Saat Deselerasi
Depok, Riau24.com - Banyak yang menganggap knalpot Yamaha V-ixion yang kerap menimbulkan suara `nembak` ketika deselerasi merupakan masalah. Tapi nyatanya, kondisi itu adalah normal karena konsekuensi dari penyematan Air Injector System (AIS).

AIS adalah komponen yang berada di saluran buang. Yamaha menanamkan alat ini untuk membuat emisi buang lebih bersih. Cara kerja AIS ini adalah menambah udara ke saluran buang untuk membakar bahan bakar yang tersisa di ruang silinder. Nah, dari situlah suara menembak berasal. 

Meskipun wajar, ada pemilik Yamaha V-ixion yang tetap merasa terganggu dengan suara ini. Lantas, adakah cara untuk menghentikan suara menembak tersebut?

Faisal, mekanik Yamaha Dimas Motor yang terletak di Depok, Jawa Barat, mengatakan suara ledakan dapat dihentikan dengan cara menyumbat salah satu saluran AIS tersebut.

"AIS itu salurannya ada tiga. Untuk menghilangkan suara letupan, salah satu saluran disumbat. Dengan begitu biasanya sudah tidak nembak lagi," ujar Faisal kepadaLiputan6.com, Selasa (5/1/2016).

Tentu saja, ubahan ini memberikan dampak yang kurang baik. Sebab, AIS sejatinya mengurai produksi emisi gas buang. "Dengan begitu emisi yang keluar jadi lebih kotor dibanding kalau tidak disumbat," tutupnya.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru