riau24 Jepang Menduga Guncangan di Korut Akibat Uji Coba Nuklir | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Jepang Menduga Guncangan di Korut Akibat Uji Coba Nuklir

0
Akitivitas nuklir yang dilakukan oleh Korea Utara kerap mendapat reaksi keras dari tetangganya Korea Selatan, seperti demonstrasi yang terjadi pada Agustus 2015 di Seoul ini. (Reuters/Kim Hong-Ji)
Berita Riau -  Jepang Menduga Guncangan di Korut Akibat Uji Coba Nuklir
Jakarta, Riau24.com - Juru bicara pemerintahan Jepang mengatakan bahwa guncangan yang terjadi di Korea Utara bisa jadi disebabkan karena uji coba nuklir, berdasar pengalaman di masa lalu.

Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga mengatakan kepada wartawan pada Rabu (6/1/2016) bahwa pihaknya sedang mengumpulkan informasi dan menganalisa insiden ini.

Ia juga mengatakan bahwa pemerintah telah mengadakan rapat terkait isu Korea Utara ini.


Sebuah gempa berkekuatan 5,1 SR yang diduga akibat manusia mengguncang di dekat wilayah uji coba nuklir di Korea Utara terdeteksi oleh beberapa lembaga pada Rabu.

Lokasi tepatnya diduga kuat berada sekitar 19 kilometer wilayah timur-timur laut dari Sungjibaegam, dekat dengan situs uji coba nuklir bawah tanah tahun 2013, menurut laporan CNN.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, mengutip seorang pejabat pemerintah Korea Selatan yang tidak disebutkan namanya, menyebutkan bahwa Pyongyang nampaknya telah meluncurkan uji pelepasan rudal balistik dari kapal selam, atau SLBM pada Desember 2015, sekitar satu bulan setelah gagal meluncurkan uji coba tersebut pada bulan November. 

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru