riau24 Standar Wi-Fi Baru Diperkenalkan, Lebih Luas dan Irit | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Standar Wi-Fi Baru Diperkenalkan, Lebih Luas dan Irit

0
Dengan standar baru yang diperkenalkan, menggunakan Wi-Fi tak lagi menguras baterai seperti saat ini (ilustrasi/Reuters/Pawel Kopczynski)
Berita Riau -  Standar Wi-Fi Baru Diperkenalkan, Lebih Luas dan Irit
Las Vegas, Riau24.com - Wi-Fi Alliance resmi memperkenalkan standar Wi-Fi 802.11ah yang dipercaya lebih hemat energi, namun punya jangkauan yang lebih luas dibanding versi 802.11ac.

Dengan jangkauan yang lebih luas dan konsumsi energi yang rendah, maka standar 802.11ah diharapkan bisa dipakai lebih banyak perangkat. Tak seperti versi 802.11ac yang hingga kini masih dihindari karena terlalu boros daya.

Berkat konsumsi daya yang rendah, standar baru disebut sebagai Wi-Fi HaLow ini, maka perangkat mungil seperti fitness tracker, sensor rumah, kamera keamanan, dan berbagai perangkat sejenis bisa memiliki cip Wi-Fi yang modern.

Perbedaan Wi-Fi HaLow dengan standar Wi-Fi 802.11ac dan 802.11n lainnya adalah soal frekuensi. Standar Wi-Fi saat ini menggunakan frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz, sementara Wi-Fi HaLow memanfaatkan 900 MHz. Inilah yang membuatnya diklaim lebih irit daya.

Dengan memanfaatkan frekuensi yang lebih rendah, daya jangkaunya pun lebih jauh. Jika dibandingkan dengan frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz, frekuensi 900 MHz yang digunakan pada Wi-Fi Hallow memiliki daya jangkau dua kali lipat lebih baik.

"Wi-Fi HaLow cocok untuk memenuhi kebutuhan Smart Home, Smart City, dan pasar industri karena kemampuannya untuk beroperasi dengan menggunakan daya yang sangat rendah, menembus dinding, dan dapat beroperasi dengan daya jangkau yang lebih jauh jika dibandingkan dengan teknologi Wi-Fi saat ini," kata Edgar Figueroa, Presiden dan CEO Wi-Fi Alliance.

Wi-Fi Alliance memprediksi perangkat yang menggunakan chip Wi-Fi HaLow akan mulai disertifikasi sekitar tahun 2018.

Wi-Fi Alliance sendiri merupakan asosiasi industri global non-profit yang beranggotakan berbagai produsen perangkat Wi-Fi dari seluruh dunia. Wi-Fi Alliance sudah mensertifikat lebih dari 25.000 perangkat untuk memberikan pengalaman pengguna yang terbaik dan mendorong perluasan penggunaan produk dan layanan Wi-Fi.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru