riau24 Perombakan Fraksi oleh Novanto Cacat Hukum! | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Perombakan Fraksi oleh Novanto Cacat Hukum!

1
Lawrence Siburian. Foto: Fanny Octavianus/Antara
Berita Riau -  Perombakan Fraksi oleh Novanto Cacat Hukum!
Jakarta, Riau24.com - Ketua DPP Bidang Hukum Partai Golkar kubu Agung Laksono, Lawrence Siburian, menegaskan perombakan fraksi oleh Setya Novanto tidak sah. Penunjukan Novanto sebagai Ketua Fraksi menggantikan Ade Komaruddin yang ditandatangani Aburizal Bakrie dan Idrus Marham disebut pula tak memiliki legal standing.

"Semua kebijakan atau keputusan yang diambil oleh Novanto dan kawan-kawan, tentunya itu cacat hukum. Tidak bisa!" tegas Lawrence kepada Metrotvnews.com, Rabu (6/1/2015).

Menurut Lawrence, DPP Partai Golkar baik kubu Bali, Ancol, maupun Riau sudah tidak ada. Partai Golkar saat ini dalam status quo. Tak satu pun kubu yang memiliki dasar untuk melakukan tindakan kepartaian.

Satu-satunya institusi yang masih ada, lanjut Lawrence, hanyalah Mahkamah Partai (MP) yang diketuai Muladi. Kubu Agung mengaku, sudah mendorong MP melakukan rapat dan mengambil keputusan strategis terkait Munas dan pergantian Pimpinan DPR serta fraksi.

"Juga memberi kekuatan kepada seluruh anggota DPR di seluruh Indonesia melalui keputusan MP," tambah dia.

Nasib Partai Golkar akan buruk jika konflik semacam ini terus terjadi. Lawrence menegaskan, jalan satu-satunya menyelesaikan permasalahan ini adalah digelarnya Munas bersama.

Pemerintah Harus Pro-aktif

Kegaduhan di Fraksi Partai Golkar menjadi kisruh baru dalam tubuh partai berlambang beringin. Lawrence berharap pemerintah mau turun tangan menyelesaikan.

Sebab, kisruh di lembaga legislatif pasti memengeruhi kerja eksekutif. Keduanya bermitra dan saling mendukung dalam bekerja.

"Dalam keadaan seperti ini pemerintah tidak bisa lepas tangan, menyatakan 'silakan Partai Golkar menyelesaikan secara internal', tidak bisa. Pemerintah harus pro-aktif mendamaikan kedua belah pihak dan mengkondisikan terjadinya Munas," terang Lawrence.

Salah satu contoh konkret, tambah Lawrence, pemerintah harus memanggil Agung dan Ical. Pemerintah harus tegas menyatakan bila konflik ini mengganggu. Akan menjadi kesalahan jika pemerintah menyatakan tak mau ikut campur dalam persoalan ini.

Kunci akhir perdamaian, kata Lawrence, dikembalikan pada Agung dan Ical.

R24/rno
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 16:47 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/OCqzaXt.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru