riau24 Iuran BPJS Kesehatan Diusulkan Naik | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Iuran BPJS Kesehatan Diusulkan Naik

1
Fahmi Idris. Foto: MTVN/M Rodhi Aulia
Berita Riau -  Iuran BPJS Kesehatan Diusulkan Naik
Jakarta, Riau24.com - Iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) untuk kategori mandiri diusulkan naik. Wacana kenaikan itu digulirkan Pelaksana Tugas Dirut BPJS Kesehatan Fahmi Idris.

"Usulan ada perubahan, salah satunya kelas 3 menjadi Rp30 ribu, kelas 2 menjadi Rp50 ribu, dan kelas 1 menjadi Rp80 ribu. Ini untuk yang mandiri," ujar Fahmi di Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK), Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (7/1/2016).

Saat ini, iuran untuk kelas 3 senilai Rp25.500, kelas 2 Rp41 ribu dan kelas 1 Rp59.500. 
Sementara itu, Dewan Jaminan Sosial Nasional (DJSN) Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Tubagus Rachmat Sentika menjelaskan pertimbangan untuk memutuskan kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

"Kelihatan ada inflasi naik, nilai keekonomian, kepatutan, ada keadilan yang mampu dan yang tidak mampu, ada efisiensi," jelasnya.

Di sisi lain, kenaikan iuran juga membantu beban pemerintah. Sebab 80 persen pengguna BPJS Kesehatan mandiri berusia di atas 50 tahun, dimana pada usia tersebut kondisi kesehatan mulai menurun.

"Jadinya kan banyak yang harus cuci darah, atau ganti ring jantung. Itu kan perlu biaya yang tidak sedikit," ungkap Tubagus.

Tubagus mengatakan, wacana kenaikan iuran itu membutuhkan proses selama tiga bulan. Masih dibutuhkan koordinasi antar lembaga terkait sebelum disahkan.

"Prosesnya kalau pembahasan sebuah peraturan presiden ada rujukan undang-undang peraturan pemerintah, ada kepanitiaan antarkementerian, ada izin prakarsanya," paparnya.

Sementara itu untuk iuran BPJS Kesehatan bagi warga tidak mampu tidak akan dinaikkan. "Itu kan dari Rp19.225 naik menjadi Rp23 ribu. Saya usulkan Rp36 ribu, pemerintah mampunya segitu," tandas Tubagus.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Minggu, 15 Oktober 2017 16:46 wib
LIVE BULL DI CF88 AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/OCqzaXt.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru