riau24 Siapkah Pengusaha Indonesia Hadapi MEA? | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Siapkah Pengusaha Indonesia Hadapi MEA?

0
Ilustrasi M.E.A. (Masyarakat Ekonomi Asean)/ Asean Economic Community. Emaze.com
Berita Riau -  Siapkah Pengusaha Indonesia Hadapi MEA?

Jakarta, Riau24.com - Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) telah efektif berlaku pada 1 Januari 2016 lalu. Pemerintah telah melakukan pemetaan terkait produk apa saja yang potensial diekspor ke negara-negara ASEAN, di antaranya adalah produk otomotif, makanan olahan dan bahan kimia. Tapi, siapkah pelaku usaha memproduksinya?

Industri otomotif menunjukkkan optimisme. “Melihat pertumbuhan ekonomi, ekspor mobil tahun depan bisa lebih tinggi,” kata Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Noegardjito saat dihubungi, Rabu 6 Januari 2016.

Optimisme itu didukung data penjualan mobil yang meski meredup di pasar domestik, namun ekspornya tetap tumbuh. Sepanjang periode Januari – Oktober 2015, ekspor mobil oleh anggota Gaikindo mencapai 183.661 unit atau tumbuh 9,2 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Di ASEAN, pasar utama mobil ekspor Indonesia adalah Filipina. Sementara di dunia, ekspor terbanyak kita adalah ke negara Timur Tengah serta Jepang. “Total kita ekspor ke 70 negara,” kata Noegardjito.

Untuk produk makanan dan minuman, Ketua Asosiasi Pedagang Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicolas Mendey menyatakan, produk Indonesia punya pasar potensial di Filipina, Thailand dan Malaysia. “Negara-negara ini punya selera yang hampir sama dengan lidah kita,” ujarnya, Rabu, 6 Januari 2016.

Soal kecocokan selera itu sudah dibuktikan dengan masuknya beberapa jaringan restoran waralaba seperti J-Co dan Es Teler 77. Bahkan, jaringan ritail Alfamart juga sudah memiliki seratusan gerai di Filipina. “Dari situ kita pelajari, makanan dan minuman olahan kita juga diterima, termasuk jamu,” kata Roy.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru