riau24 Tips Persiapkan Diri Menghadapi MEA 2016 | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Tips Persiapkan Diri Menghadapi MEA 2016

0
MEA resmi dibuka, netizen ramai memperbincangkannya di media sosial.
Berita Riau -  Tips Persiapkan Diri Menghadapi MEA 2016
Jakarta, Riau24.com - Tahun 2016 ini, Indonesia dan Negara Asia Tenggara lainnya sudah memasuki masa MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Era MEA maksudnya segala kegiatan ekonomi seperti ekspor dan impor barang, investasi, arus jasa, bebas di kalangan negara ASEAN.
 
Orang Indonesia tidak lagi bersaing hanya dengan orang Indonesia, tapi juga bersaing dengan negara ASEAN lainnya. Orang dari negara ASEAN bebas melamar pekerjaan di Indonesia, begitu juga orang Indonesia yang juga bebas melamar pekerjaan di negara ASEAN. Untuk itu perlu dipersiapkan keahlian soft skill dan hard skill.

Inilah tips mempersiapkan diri untuk menghadapi MEA 2016 :

1. Bahasa Asing

Bahasa asing bukan hanya bahasa Inggris. Dan dapat berbahasa Inggris itu adalah hal yang biasa, malah selain bisa bahasa Indonesia dan daerah, kamu juga harus menguasai bahasa Inggris. Selain bahasa Inggris, kamu juga harus belajar bahasa Jerman, Spanyol, Perancis, Mandarin, dan bahasa lainnya.

2. Negosiasi dan Mediasi

Negosiasi dan mediasi tidak akan diajarkan dalam pelajaran di sekolah. Kamu harus bisa mempelajarinya sendiri, salah satunya dengan mengikuti organisasi atau ekstrakurikuler di sekolah. Pastilah dalam organisasi, ada situasi dimana kamu harus bisa bernegosiasi dengan pihak lain.

3. Public Speaking

Jangan jadi pendiam, beranilah mengutarakan pendapatmu di depan banyak orang. Kemampuan public speaking ini sangat diperlukan di dunia kerja. Apalagi ketika menghadapi MEA, berani mengutarakan pendapat di depan umum, apalagi pendapatmu sangat cerdas, akan menjadi nilai plus bagimu.

4. Rendah Hati

Meskipun kita sudah pandai, janganlah sombong. Tetap rendah hati, jangan terlalu menunjukkan kehebatan, karena orang seperti inilah yang akan terjerumus ke dalam jurang kegagalan.

5. Rasa Ingin Tahu dan Kritis

Rasa ingin tahu yang kuat terhadap seseorang dan pemikiran kritisnya membuatnya jadi sering bertanya. Bukan pertanyaan tidak penting, tapi pertanyaan yang ia ajukan digunakan untuk memperkaya ilmu pengetahuannya.

6. Networking

Networking atau istilah mudahnya adalah bergaul, diperlukan juga dalam menghadapi MEA. Bergaul bukan asal gaul, tapi carilah pergaulan yang akan membawamu kepada kesuksesan. Misalnya kamu punya bisnis katering, kamu bisa menjalin networking dengan orang-orang di event organizer agar sewaktu-waktu mereka menghubungimu untuk menjalin kerja sama.

7. Leadership

Kemampuan leadership tidak muncul dengan sendirinya. Perlu dilatih sejak dini untuk dapat memimpin suatu organisasi. Misalnya di sekolah, kamu bisa menjadi ketua OSIS, ketua organisasi lain, atau ketua acara. Dan di perkuliahan, kamu bisa menjadi ketua himpunan, ketua senat, atau ketua acara yang tentunya membantumu untuk meningkatkan keahlian memimpinmu.

8. Project Management

Project management intinya kita harus bisa bekerja secara profesional. Bagaimana kita mengatur waktu, mengendalikan kelemahan, dan juga dapat bekerja secara tim ataupun individu.

9. Profesionalisme

Bekerja secara profesional artinya bekerja keras, tekun, dan fokus. Ketika tiga elemen ini dilakukan secara bersama, maka akan menghasilkan kinerja yang optimal.

10. Openness

Di lingkungan yang baru, kamu perlu terbuka. Terbuka dengan hal-hal baru, tidak menutup diri, dan ramah terhadap orang lain.

Itulah persiapan yang harus kamu lakukan untuk menghadapi MEA 2016 ini. Jadilah orang yang diuntungkan dalam MEA ini ya guys!

R24/rno

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru