riau24 Hadapi Elnino, BPBD-Damkar Bengkalis Siaga 24 Jam Antisipasi Karhutla | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Hadapi Elnino, BPBD-Damkar Bengkalis Siaga 24 Jam Antisipasi Karhutla

0
Berita Riau -  Hadapi Elnino, BPBD-Damkar Bengkalis Siaga 24 Jam Antisipasi Karhutla
Bengkalis, Riau24.com - Prediksi BMKG bahwa Elnino pada tahun ini lebih panjang dibanding tahun-tahun sebelumnya. Ini membuat Badan Penanggulangan Bencana Daerah-Pemadam Kebakaran (BPBD-Damkar) Bengkalis siaga penuh. Juga segala peralatan, regu pemadam juga standby 24 jam.
 
Kepala BPBD-Damkar Bengkalis melalui Kabid Damkar Suiswantoro dihubungi, kepada wartawan mengatakan, langkah BPBD-Damkar terkait prediksi musim kering dan karhutla beberapa bulan ke depan adalah dengan memantapkan kesiapsiagaan, serta meningkatkan pemantauan di lapangan.
 
"Seluruh peralatan dan personil saat ini dalam kondisi siap siaga. Begitupun tim yang ada sejumlah kecamatan, setiap saat siap melaporkan perkembangan yang terjadi di lapangan. Koordinasi yang baik dan kecepatan dalam menyampaikan laporan memudahkan dalam penanganan kebakaran," ujar Suiswantoro.
 
Menurut mantan Kasubag Pemberitaan Humas Setkab Bengkalis ini, pemadaman masih mudah dilakukan, karena sumber air di parit-parit masih banyak. Kondisi tersebut akan jauh berbeda jika dalam waktu satu atau dua bulan ke depan tidak turun hujan, sumber-sumber air di lokasi kebakaran sudah mengering.
 
Untuk itu kata Suis, pihaknya kembali mengajak seluruh komponen masyarakat untuk tidak melakukan pembakarab, baik di saat membersihkan lahan ataupun membuka lahan perkebunan baru.
 
"Melalui para kepala desa kita juga menghimbau, untuk terus mematau terutama waga desanya yang memiliki lahan perkebunan sekala besar, untuk senantiasa diawasi agar tidak melakukan pembakaran saat pembersihan lahan. Kita sudah cukup menderita akibat dari kebakaran lahan dan hutan, jangan pernah terulang lagi," himbau Suis.
 
R24/rul/yus
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru