riau24 Pangeran Arab Saudi Yakin Tak Akan Ada Perang dengan Iran | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Pangeran Arab Saudi Yakin Tak Akan Ada Perang dengan Iran

1
Petugas kebakaran berusaha memadamkan api yang melahap Kedubes Arab Saudi yang dibakar oleh sejumlah massa yang memprotes eksekusi mati ulana Syiah, Tehran, Iran, 2 Januari 2015. REUTERS
Berita Riau -  Pangeran Arab Saudi Yakin Tak Akan Ada Perang dengan Iran
Jakarta, Riau24.com - Ketegangan yang terjadi antara Arab Saudi dan Iran pascaeksekusi mati ulama syiah Nimr al-Nimr diyakini tak akan berakhir menjadi perang.

Pangeran Arab Saudi Mohammed bin Salman memastikan perang tak akan terjadi meski kedua negara telah memutuskan hubungan diplomatiknya. "Kami tidak melihat sama sekali (ada potensi perang), dan siapa pun yang mendorong ke arah itu adalah seseorang yang tidak waras," kata Mohammed bin Salman seperti dilansir majalah Economist.

"Karena perang antara Arab Saudi dan Iran adalah awal dari bencana besar di kawasan itu. Pasti kami tidak akan membiarkan hal seperti itu terjadi."

Arab Saudi memutuskan hubungan diplomatik dengan Iran setelah serangan terhadap kedutaan besarnya di Teheran pada hari Minggu lalu. Ini terjadi setelah eksekusi terhadap pemimpin agama Syiah Nimr al-Nimr, yang dihukum mati bersama dengan 46 orang lainnya atas tuduhan terorisme.

Wakil putra mahkota dianggap memegang kekuasaan yang cukup besar dalam kerajaan monarki. "Pengadilan tidak sama sekali membuat perbedaan antara apakah seseorang adalah Syiah atau Sunni. Mereka meninjau kejahatan, prosedur, pengadilan, kalimat, dan melaksanakan hukuman tersebut," kata Mohammed bin Salman.

Ketegangan antara dua kekuatan regional--yang mendukung sisi berlawanan dalam perang di Yaman dan Suriah--telah meningkat dalam beberapa hari terakhir. Negara Sunni telah mendukung Arab Saudi dalam krisis diplomatik saat ini.

Hubungan antara Iran dan Arab Saudi semakin memburuk setelah padai Kamis lalu Teheran memutuskan semua hubungan komersial dengan Riyadh. Iran menuduh Arab Saudi terlibat pemboman kedutaan di ibu kota Yaman, Sanaa. 

"Tindakan ini disengaja oleh Arab Saudi dan ini merupakan pelanggaran atas semua konvensi internasional yang melindungi misi diplomatik," kata Juru bicara kementerian luar negeri Iran, Hossein Jaber Ansari seperti dikutip oleh televisi negara.

R24/rno
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 12:22 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru