riau24 Tiga Ribu Lebih Rumah Terendam Banjir di Kuansing | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Banjir Kuansing

Tiga Ribu Lebih Rumah Terendam Banjir di Kuansing

1
Salah satu rumah warga yang terendam banjir
Berita Riau -  Tiga Ribu Lebih Rumah Terendam Banjir di Kuansing
Kuansing, Riau24.com - Banjir yang melanda wilayah Kuantan Singingi sejak Jum'at (8/1/2016) sampai dengan Sabtu (9/1/2016) ini, 3.578 Rumah dan 62 Desa yang Terendam Banjir, yang terjadi pada Sabtu (9/1/2016) di daerah hilir sungai batang kuantan disebabkan  air sungai batang kuantan di bagian hulu telah surut dan daerah bagian hilir terkena banjir.

Kondisi air telah masuk ke pekarangan warga sejak tadi malam dan dini hari dan hampir seluruh rumah warga terendam, begitu juga dengan fasilitas umum lainnya dan masyarakat tidak bisa kemana-mana karena transfortasi lumpuh total.

Dari data sementara, di posko banjir Teluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi, bahwa jumlah desa yang terkena banjir sebanyak 62 desa dan jumlah rumah yang terendam banjir sebanyak 3.578 buah. Dimana hampir seluruh kecamatan terendam banjir yakni Kecamatan Hulu Kuantan dua rumah dan satu desa, Kecamatan Kuantan Mudik sebanyak 193 rumah dan 11 desa, Gunung Toar sebanyak 113 rumah dan 7 desa.

Kemudian Kecamatan Kuantan Tengah sebanyak 250 rumah dan 6 desa, Sentajo Raya 4 buah rumah dan satu desa, Benai sebanyak 602 rumah dan 13 desa, Pangean sebanyak 1.255 buah rumah dan 12 desa, Kuantan Hilir Seberang sebanyak 1.161 rumah dan 11 desa. Sementara dua  kecamatan yang berada di bagian hilir sungai batang kuantan, yakni Kecamatan Inuman dan Cerenti sampai saat ini belum masuk datanya ke posko
banjir," Petugas Posko banjir Adia Mirtajaya, SP yang juga staff di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Kuantan Singingi, Sabtu (9/11/2016) siang.

Menurutnya, posko banjir siap memantau perkembangan berapa jumlah rumah maupun jumlah desa yang terkena banjir. Sebab akibat dari banjir tersebut menyebabkan banyak rumah warga maupun kedai ikut terendam. Alhasil para warga disibukkan dengan aktivitas mengemasi semua barang-barang berharga agar tidak sampai hanyut terbawa banjir.

Kemudian apabila usai banjir tersebut, maka warga kembali disibukkan dengan aktivitas membersihkan rumah dari serpihan atau kotoran bekas banjir. Begitulah aktivitas warga apabila terjadi musibah banjir tersebut," ujarnya.

R24/awa/zar
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Jhon
Kamis, 11 Februari 2016 20:27 wib
Buat saudara saudara ku yang ada di kuansing.husus nya pulau bayur cerenti. tetap siaga dan waspada dalam menghadapi cobaan ini. Dan jangan lupa dekat kan diri kepada allah swt..
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru