riau24 Jangan Sembarang Ganti Klakson Motor | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Tips Dan Trik

Jangan Sembarang Ganti Klakson Motor

0
Ragam produk pengganti klakson
Berita Riau -  Jangan Sembarang Ganti Klakson Motor

Tangerang Selatan, Riau24.com - Kadang suara klakson sepeda motor bawaan pabrik masih kurang bisa menarik perhatian di jalanan. Tentu solusinya diganti dengan produk aftermarket.

Nah, buat biker yang merasa perlu mengganti klakson ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Menurut Nanang, wiraniaga dari toko aksesori Gandhi Racing di Pamulang, Tangerang Selatan, substitusi klakson tidak sulit, hanya kelistrikan saja yang paling penting disesuaikan.

"Dilihat dulu spesifikasi klaksonnya. Kalau aki motor kan biasanya 12 Volt tapi Ampere-nya bisa beda. Buat menyesuaikan dengan klakson harus pakai relay biar stabil," papar Nanang, Rabu (16/12/2015).

Produk pengganti klakson di pasaran biasanya mengeluarkan suara lebih besar, jadi butuh daya lebih besar untuk mengaktifkannya. Kabel standar asli motor tidak semua kuat untuk mengakomodasi itu, makanya relay sangat diperlukan. Tanpa relay, kabel dan saklar klakson bisa cepat rusak.

Di toko, Nanang menjual beragam jenis klakson, ukuran dan suara yang dihasilkan beda-beda. Harganya juga bermacam-macam mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 170.000. Harga itu termasuk relay dan pemasangan.

Menurut Anang lagi, konsumen tidak melulu memilih karena suara tapi yang paling banyak dicari model anti air. 

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru