riau24 BPJS Minta Perusahaan Sesuaikan UMP | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

BPJS Minta Perusahaan Sesuaikan UMP

0
Illustrasi BPJS (ANTARA FOTO,Wahyu Putro).
Berita Riau -  BPJS Minta Perusahaan Sesuaikan UMP
Manado, Riau24.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan meminta perusahaan-perusahaan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) agar segera menyesuaikan upah minimum provinsi (UMP) yang berlaku mulai 1 Januari 2016.

"Kami mengharapkan semua perusahaan di Sulut mulai menyesuaikan UMP di 2016 sebesar Rp2,4 juta per bulan dari sebelumnya hanya Rp2,15 juta," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sulut Januar Hermawan dikutip dari Antara, Minggu (10/1/2016).

Dia meminta agar perusahaan segera melaporkan upah BPJS Ketenagakerjaan sesuai ketentuan tersebut atau melaporkan upah sebenarnya yang diterima tenaga kerja terhitung mulai Januari 2016. Hal ini karena penyesuaian upah terhadap UMP 2016 ataupun melaporkan upah yang sebenarnya diterima tenaga kerja akan berpengaruh terhadap manfaat program BPJS Ketenagakerjaan.

Pembayaran iuran, katanya, dilakukan setiap bulan berjalan dan wajib melaporkan data upah dan mutasi tenaga kerja ke BPJS Ketenagakerjaan. Dia mengatakan pembayaran iuran dikenakan denda sebesar dua persen per bulan bilamana pembayaran iuran dilaksanakan di atas tanggal 15 bulan berikutnya. Upah yang dilaporkan ke BPJS Ketenagakerjaan adalah upah yang sebenarnya diterima oleh tenaga kerja atau minimal UMP yang berlaku.

Hal ini dilakukan, berdasarkan kepesertaan perusahaan dalam program BPJS Ketenagakerjaan dan Peraturan Gubernur Sulut nomor 37 Tahun 2015 tentang UMP Provinsi Sulut tahun 2016 ini.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru