riau24 Tahanan LP Pasirpengaraian Kabur, Kasat Reskrim Polres Rohul: Jelas, Ada Perencanaan | Berita Riau
Senin, 18 Desember 2017

Tahanan LP Pasirpengaraian Kabur, Kasat Reskrim Polres Rohul: Jelas, Ada Perencanaan

0
Aksi todong sipir saat direkam CCTV Lapas Pasirpengaraian
Berita Riau -  Tahanan LP Pasirpengaraian Kabur, Kasat Reskrim Polres Rohul: Jelas, Ada Perencanaan

Rohul, Riau24.com - Penegejaran Hendri Manurung tahanan kejaksaan dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) Klas II B Pasirpangaraian terus dilakukan.Setelah melihat CCTV dan mempelajarinya, Satuan Reserse Kriminal Polres Rokan Hulu (Rohul) menduga bahwa pelarian Hendri sudah direncanakan.

Kapolres Rohul AKBP Pitoyo Agung Yuwono SIK,M.Si, melalui Kasat Reskrim Polres Rohul AKP M. Wirawan Novianto mengungkapkan, meski begitu, pihaknya belum bisa menyimpulkan, sekaligus memastikan apakah ada keterlibatan oknum LP Klas II B Pasirpangaraian dari kaburnya Hendri lewat pintu utama penjagaan, Sabtu (9/1/2016) kemarin sekira pukul 10.40 WIB.

"Jelasnya ada perencanaan, ko ada orang yang sudah menunggunya pakai motor . Buat apa disiapkan motor disana ," katanya (10/11/2016). Mengenai senjata dari mana asalnya, dan asli atau buka dirinya belum bisa memastikan. Yang jelas saat ini masih dalam proses penyelidikan.

"Kita belum bisa pastikan, sehingga belum diterapkan Undang-Undang Darurat Nomor 12 tahun 1951. Asli atau mainan kita belum tau. Sementara dikenakan Pasal 368 KUHP, tentang pengancaman," tuturnya.

Jika senjata dipakai Hendri menodong Sipir LP memang asli, maka ia terancam dikenakan Pasal UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951, tentang membawa senjata.
Ia menambahakan, bila terbukti Hendri Manurung akan dikenakan perkara berlapis, setelah sebelumnya dirinya dikenakan kasus Narkoba dan kasus pengancaman yang kini berkasnya sudah tahap dua atau P21.

Mengenai saksi yang telah diperiksa, AKP M. Novianto mengungkapkan sejauh ini, pihak Polres Rohul telah memeriksa sembilan saksi dalam pelarian Hendri, di antaranya lima Sipir, serta empat warga binaan LP Klas II B Pasirpangaraian.

Untuk sementara, dari hasil pemeriksaan saksi, pihaknya juga belum bisa kita pastikan keterlibatan orang dalam, dan asal senjatanya.

Lebih lanjut dijelaskannya, setelah dilihat dari CCTV. Proses kaburnya Hendri dari pintu utama penjagaan LP. Warga Sungai Korang Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara ini awalnya mengaku mendapat kunjungan tamu.

Ia melapor soal dirinya kedatangan tamu yang membesuknya ke Ketua Blok, selanjutnya melapor ke Kepala Penjagaan untuk masuk ke ruang kunjungan yang dijaga oleh petugas.
Dalam ruang penjagaan, Hendri manfaatkan situasi. Saat ada tamu yang akan keluar dari pintu utama, ia menyusup di belakang tamu. Namun aksinya tersebut diketahui oleh Sipir.
Sipir meminta Hendri masuk ke blok, namun ia tetap mondar-mondir di ruang penjagaan. Tak lama berselang, spontan dirinya mencabut sesuatu mirip senjata api dari balik baju depannya.

Hendri sempat menodongkan senjata mirip Senpi jenis FN dipegangnya. Kemudian ia meminta petugas membuka pintu utama, namun petugas tak juga membukanya, hingga Hendri sendiri yang membukanya.

"Sepertinya memang sudah terencana, Cepat prosesnya . Spontan begitu saja. ," pung‎kasnya.

R24/awa/ags 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru