riau24 Perkembangan Jalan Tol ini Tidak ada, DPRD Riau Memgaku Tidak Dilibatkan | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Perkembangan Jalan Tol ini Tidak ada, DPRD Riau Memgaku Tidak Dilibatkan

0
Hardianto SE
Berita Riau -  Perkembangan Jalan Tol ini Tidak ada, DPRD Riau Memgaku Tidak Dilibatkan
Pekanbaru, Riau24.com - Kendati direncanakan sudah lama, namun sampai saat sekarang belum ada perkembangan pembangunannya Jalan Tol Pekanbaru-Dumai. Saat sekarang ini, Pemerintah Daerah (Pemda) hanya sekedar bebicara menanggapi pertanyaan, namun belum pembuktian.
 
Terkait kondisi hal ini, Wakil Ketua Komisi D di DPRD Riau Hardianto mengakui, sangat menyayangkan Pemprov Riau tidak melibatkanya untuk menjadi tim pembebasanya lahan. Sehingganya ini selain sulit berkoordinasi, juga sulit memberi masukkan dalam hal percepatan pembebasan lahan tersebut.
 
"Diketahui, Pemprov Riau sudah membentuk tim pembebasannya lahan sejak dulu. Namun didalam hal ini DPRD Riau tidak dilibatkan dalam tim. Sehingganya ini dipasti mengalam kesulitan untuk segera menggesa atau dapat membantu percepatanya pembebasan lahan Jalan Tol ini," kata Hardianto.
 
Dikatakannya, berdasar informasi terakhir, bahwa, tim pembebasan lahan telah membebaskan sekitar 30 kilo meter. Seharusnya, dalam hal ini pemerintah sudah memulai pembangunan diatas lahan yang ada. Pasalnya provinsi lain seperti Sumatera Selatan, juga Sumatra Utara ini mulai membangun.
 
Presiden RI Jokowi, menegaskan, bahwa pembangunan Jalan Tol ini diseluruh Indonesia harus dimulai tahun 2016. Sementara, dananya bersumber APBN, pengerjaannya dilakukan oleh pusat. Sedangkan, daerah ini hanya bertugas sapkan lahan serta melapor ke pusat jika lahan tersebut ada tersedia.
 
Ketika ditanyai, kendala Jalan Tol ini akibat RTRW ? Didalam hal ini, Hardianto mengaku daerah harus bisa memberdayakan perwakilan masyarakat Riau (DPR/DPD, red) yang berada di pusat. Ini, supaya mendesak itu Menteri Kehutanan untuk mengesahkan RTRW, atau mencari solusi Jalan Tol ini.
 
"Kita melihat disini, terkesan tidak ada sinkronisasi diantara menteri terkait. Misalnya itu, antara pihak Kementeri LHK sama Kementrian PU. Padahal, tergabung kedalam Badan Koordinasi Pembangunan. Seharusnya, dua lembaga ini bisa mencarikan solusi, setiap kendala dilapangan," ujar Hardianto.
 
Kesempatan itu, Politisi Gerindra ini mengatakan, sinkronisasi yang ada tersebut supaya semua tidak terkesan rencana pembangunan Jalan Tol itu didiam-diamkan saja. Diakui peran daerah sangat besar untuk melakukan lobi-lobi didalam meloloskan pembangunanya jalan ini terhadap kementrian itu.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru