riau24 Diplomat Keluhkan Lagi Sikap Buruk Dubes RI untuk Argentina | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Diplomat Keluhkan Lagi Sikap Buruk Dubes RI untuk Argentina

1
Para pelapor kecewa Duta Besar RI untuk Argentina Jonny Sinaga tidak ditindak tegas, padahal bukti-bukti perilaku buruk dan
Berita Riau -  Diplomat Keluhkan Lagi Sikap Buruk Dubes RI untuk Argentina
Jakarta, Riau24.com - Duta Besar RI untuk Argentina, Jonny Sinaga, diadukan oleh para diplomat di Kedutaan Besar RI Buenos Aires karena perilaku buruk terhadap bawahannya tahun lalu. Namun menurut sumber CNN Indonesia, setelah pengecekan dan penindakan dari Kementerian Luar Negeri, perilaku Jonny disebut tidak juga berubah.

Sumber di Kementerian Luar Negeri kepada CNN Indonesia pekan lalu mengatakan tim inspektorat jenderal Kemlu telah menyambangi KBRI Buenos Aires pada September 2015 sebagai tindak lanjut surat aduan para diplomat.

Dalam surat yang diterima CNN Indonesia, para diplomat mengaku tertekan secara fisik dan psikologis atas perilaku buruk Jonny yang juga merangkap sebagai duta besar RI untuk Paraguay dan Uruguay. Terutama adalah perlakuan Jonny yang menurut sumber, "mesum" terhadap para staf wanita.

Sumber yang enggan disebut namanya mengatakan, tim Kemlu telah menerima bukti pelecehan dan perbuatan tidak menyenangkan oleh Jonny terhadap para wanita yang diserahkan para pelapor, termasuk bukti percakapan BBM yang dinilai tidak pantas.

"Antara lain [Dubes] mengajak staf wanita untuk bekerja di kamar tidur dubes. Orang yang sama pernah dipanggil ke wisma dan dubes hanya menerima dengan mengenakanboxer. Staf wanita lain dipanggil ke ruangan hanya untuk difoto-foto tanpa izin," ujar sumber.

Sumber mengatakan, para pelapor kecewa karena tim pemeriksa saat itu tidak memberikan tindakan tegas, namun hanya meminta dubes membuat pernyataan untuk menjaga sikap selama sebulan dan akan dievaluasi. 

Keempat pelapor juga diminta untuk menandatangani perjanjian untuk berperilaku baik. Namun menurut sumber, mereka menolak karena merasa tidak berbuat apa-apa.

Setelah tim pengawas pulang, perilaku Dubes Jonny kembali seperti semula. Akhirnya para pelapor kembali melaporkan atasan mereka.

Desember lalu, ujar sumber, Dubes Jonny dipanggil ke Jakarta setelah para diplomat mengirimkan email langsung ke Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, mengadukan soal tidak adanya perubahan sikap atasan mereka.

"Namun hasilnya lagi hanya arahan agar dubes berubah, dan kali ini para diplomat pelapor juga diminta menjaga sikap," ujar sumber.

Tidak kondusif

Sumber mengatakan, situasi KBRI sekarang tidak kondusif karena para diplomat menjaga jarak dengan Dubes Jonny. Menurut sumber, para diplomat sudah enggan rapat dengan atasan mereka dan mereka mengeluh dijelek-jelekkan di hadapan para staf lokal Argentina. 

Kendati demikian, ujar sumber, pelayanan pekerjaan dan pelayanan terhadap warga negara Indonesia dan hubungan dengan Argentina tetap berjalan baik, namun mereka "menghindari berinteraksi dengan Dubes."

Dubes Jonny tidak membalas pesan singkat yang dikirimkan CNN Indonesia untuk konfirmasi. Namun dalam wawancara dengan CNN Indonesia tahun lalu, Jonny mengaku memimpin dengan tegas dan terkadang marah hanya untuk meningkatkan kinerja perwakilan RI. 

Menanggapi kasus ini, Juru bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan mekanisme pengawasan terhadap aduan diplomat di KBRI Buenos Aires masih terus berlangsung.

"Terus dalam proses, saat ini dilakukan monitoring, pembinaan, pemeriksaan," kata Arrmanatha.

Jonny merintis karir di Kemlu sejak tahun 1988 dan sering menempati posisi strategis. Dia dipilih langsung oleh Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa sebelum mengakhiri masa jabatannya.

Arrmanatha membantah sanksi berat tidak dijatuhkan untuk Jonny karena dia adalah diplomat senior. 

"Tidak ada pandangan senior atau junior, semua sama dan ini adalah bagian dari proses. Saat ini terus dilakukan monitoring, pembinaan, pemeriksaan, sedang dilakukan," kata pria yang akrab disapa Tata ini. 

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 12:35 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru