riau24 Bayar BPJS Kesehatan Kini Bisa Melalui Mini Market | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Bayar BPJS Kesehatan Kini Bisa Melalui Mini Market

0
Untuk mempercepat proses pembayaran iuran, saat ini para peserta BPJS Kesehatan bisa melakukannya melalui Payment Point Online Bank (PPOB).
Berita Riau -  Bayar BPJS Kesehatan Kini Bisa Melalui Mini Market

Riau24.com - Pembayaran iuran BPJS Kesehatan kini tak lagi sulit karena bisa dilakukan di Alfamart. Hal ini sangat dirasakan Eri Zailani, yang tinggal di Pengadegan Utara, Jakarta Selatan. Ibu yang merupakan warga Cikoko ini tidak perlu lagi mengantre dan datang jauh-jauh ke kantor cabang BPJS Kesehatan atau Bank untuk melakukan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

“Dulu, saya sering lupa membayar iuran karena harus ke kantor cabang BPJS atau ke Bank. Akibatnya, saya kena denda tunggakan.  Tapi karena sekarang sudah bisa bayar lewat Alfamart  jadi lebih mudah. Sekalian belanja jajan anak, diingatkan bayar BPJS Kesehatan oleh kasir. Jadi sudah tidak telat lagi bayarnya,” tutur pemilik warung makan ini ketika ditemui di gerai Alfamart Pengadegan Utara, Senin, 4 Desember 2015.

Sebelum bisa membayar iuran BPJS Kesehatan di Alfamart,  Eri Zailani juga mengaku agak repot saat membayar iuran karena harus naik ojek ke kantor BPJS atau ke Bank. Belum lagi ia harus mengeluarkan ongkos ojek. “Tapi kalau sekarang, saya hanya mengeluarkan biaya administrasi sebesar Rp 2.500 saja. Apalagi Alfamart ini kan gerainya ada dimana-mana, dan kebetulan ada yang dekat dengan rumah saya,” ucapnya.

Bahkan menurut Eri, cara bayarnya juga mudah, cukup dengan membawa kartu peserta saja dan ditunjukkan kepada kasir.  “Biasanya kasir langsung menanyakan saya  tentang iuran bulan yang ingin dibayar.  Setelah pembayaran berhasil, saya akan memperoleh struk pembayaran yang dicap oleh kasir Alfamart sebagai bukti sah pembayaran. Waktunya sangat cepat, tidak sampai tiga menit,” katanya.

Untuk mempercepat proses pembayaran iuran BPJS Kesehatan, Bank Mandiri dan BPJS Kesehatan sepakat menyediakan channel tambahan yang disebut Payment Point Online Bank (PPOB). Layanan ini adalah model kerjasama penerimaan pembayaran iuran Peserta BPJS Kesehatan, dimana transaksi pembayaran Peserta BPJS Kesehatan dilakukan melalui payment point/loket pembayaran yang dikelola oleh mitra bisnis yang bekerjasama dengan Bank Mandiri.

Untuk pembayaran melalui PPOB ini, Bank Mandiri menjalin kerjasama dengan retailer Alfa Grup, yaitu gerai Alfamart, Alfamidi, DAN+DAN, serta Lawson, yang disebut sebagai gerai Modern Channel. Sejak 1 November 2015, layanan Modern Channel melalui gerai Alfa Grup ini pun telah menerima pembayaran BPJS Kesehatan.

Selain PPOB Modern Channel, untuk membayar iuran BPJS Kesehatan, Bank Mandiri juga sudah menerima pembayaran melalui channel Bank seperti ATM, internet banking, layanan Mandiri Cash Management, dan Autodebet. Selain itu Bank Mandiri juga telah bekerjasama dengan loket-loket tradisional dalam rangka penerimaan iuran BPJS Kesehatan.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru