riau24 Ubah Dulu UU LLAJ, Baru Buat Aturan | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Ubah Dulu UU LLAJ, Baru Buat Aturan

0
Berita Riau -  Ubah Dulu UU LLAJ, Baru Buat Aturan
Pekanbaru, Riau24.com - Berdasarkan aturan yang tertuang dalam Surat Pembaruan bernomor ST/2653/XII/2015, ada dua keputusan mengenai klasifikasi SIM C dan juga batas waktu perpanjangan SIM. Polri menetapkan, resmi Mei berlakukan SIM C dibagi tiga kategori. Resmi Mei berlakukan SIM C dibagi tiga kategori dengan batas waktu Februari.

Perubahan SIM C bertahap mulai diberlakukan serentak Februari. Akan tetapi, baru bulan Mei 2016 resmi berlakukan SIM C yang dibagi kedalam tiga kategori. Kategori yang dimaksud diantaranya:
1. SIM C, untuk motor bermesin di bawah dari 250 cc.
2. SIM C1, untuk motor bermesin dari 250 cc-500 cc.
3. SIM C2, untuk motor bermesin 500 cc keatas.
 

Berangkat dari keputusan tersebut, Muhammad Raffi S.Sos M.Si selaku dosen Universitas Islam Negeri Riau mengatakan bahwa keputusan perubahan Sim C tersebut akan memberatkan masyarakat. Selain itu akan menjadi pro dan kontra baru.

"Harusnya peraturan yang dibuat tersebut mengikuti pada undang-undang, salah jika peraturan dibuat tapi tidak sesuai dengan undang-undang yang ada. Peraturan baru itu tidak mempunyai kekuatan hukum. Sebab soal SIM ini sudah diatur dalam UU LLAJ. Seharusnya, Polri merevisi UU LLAJ terlebih dahulu sebelum mengeluarkan aturan tersebut. Harus rubah dulu undang-undangnya, baru laksanakan peraturan,"terangnya.

R24/mla

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru