riau24 Perhatikan Hal Ini jika Ingin Mengganti Ukuran Pelek Motor | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Perhatikan Hal Ini jika Ingin Mengganti Ukuran Pelek Motor

0
Ilustrasi ban dan pelek kecil (Foto: Bimo96wordpress)
Berita Riau -  Perhatikan Hal Ini jika Ingin Mengganti Ukuran Pelek Motor

Jakarta, Riau24.com - Pelek dan ban merupakan salah satu bagian terpenting di sepeda motor. Ukuran pelek harus sesuai dengan ban, begitu juga sebaliknya.

Umumnya pabrikan menciptakan pelek dan ban sesuai dengan bentuk motor, jadi sangat tidak disarankan untuk mengganti kedua perangkat itu di luar ukuran atau lebih kecil dari yang sudah ditetapkan oleh pabrikan.

Mengganti pelek ukuran kecil berarti mengganti ban yang juga berukuran kecil. Sebenarnya apa saja efek yang ditumbulkan bila pemilik motor mengganti ukuran pelek atau ban jauh dari ukuran standar.

Menurut Ade Rohman, assistant manager technical training PT Daya Adicipta Motora (DAM), distributor sepeda motor Honda di Jawa Barat, penggunaan pelek dan ban kecil/cacing bisa berakibat kurang stabilnya sepeda motor saat digunakan, terutama saat berbelok atau dipacu dalam kecepatan tinggi. Ban kecil juga kurang bisa menahan secara maksimal berat dari pengendara.

Selain kurang stabil saat dikendarai, motor dengan roda kecil sangat sulit dikendalikan bila melintas di jalan basah.

"Pada dasarnya ban sepeda motor berfungsi mengendalikan laju sepeda motor. Roda depan berfungsi untuk membelah debu atau air ketika kondisi hujan atau jalan basah dan roda belakang berfungsi untuk mencengkram jalan atau meneruskan tenaga dari mesin. Sehingga penggunaan ban kecil atau modifikasi yang tidak sesuai dengan spesifikasi pabrikan menyebabkan fungsi dasar dari ban akan sangat berkurang dan berisiko terhadap keselamatan berkendara. Selain itu performa dari sepeda motor akan berkurang," kata Ade.

"Apabila ingin mengubah ukuran ban, bisa di-upgrade sedikit ke ukuran yang lebih besar. Contohnya dari ukuran 90/80 menjadi 100/80 atau 100/70 sehingga perbandingan antara tinggi dan lebar ban tidak terlalu jauh, dan aspek performa serta safety-nya masih terjaga," pungkas Ade.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru