riau24 3 Fitur yang Mungkin Hilang di iPhone Terbaru | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

3 Fitur yang Mungkin Hilang di iPhone Terbaru

0
Ilustrasi. (Doc: Digital Trends)
Berita Riau -  3 Fitur yang Mungkin Hilang di iPhone Terbaru
Jakarta, Riau24.com - Kabar tentang fitur baru yang mungkin hadir di seri iPhone teranyar memang selalu menarik perhatian. Sebab, Apple selaku pembesut, tampak tidak pernah kehabisan akal untuk terus mengembangkan fitur atau kemampuan yang acap kali jadi acuan perusahaan lain.

Namun di sisi lain, kehadiran fitur baru ini tidak lantas begitu saja disematkan lantaran Apple butuh beberapa penyesuaian, termasuk penghilangan beberapa fitur yang sudah ada di seri iPhone saat ini. Untuk itu, mengutip informasi dari laman Forbes, Jumat (15/1/2016), berikut ini beberapa fitur yang kemungkinan besar akan hilang seri iPhone terbaru

SIM Card Tray

Tempat untuk menaruh kartu SIM (SIM Card Tray) di iPhone disebut jadi tempat yang paling rumit. Sebab, desainnya di Apple dikompromikan untuk memungkinkan akses kartu ke papan sirkuit. Di sisi lain, desain ini berpotensi menjadi jalan bagi debu atau suhu lembap masuk ke dalam ponsel.

Karenanya, Apple dikabarkan mulai mengurangi kebutuhan akan kartu SIM. Sebagai langkah awal, Apple mengikutsertakan teknologi serupa yang diberi nama Apple SIM untuk iPad Air 2.

Teknologi ini memungkinkan penggguna untuk memilih jaringan dan rencana pembayaran langsung dari pengaturan di layar iOS. Apple SIM sendiri langsung disuplai oleh Apple, yang didukung penyedia jaringan di seluruh dunia.

Di sisi lain, kehadiran fitur ini jelas membuka peluang bagi perusahaan asal Cupertino itu untuk mulai mengembangkan Apple SIM yang langsung disertakan di papan sirkuit. Jelas, langkah ini memerlukan pengembangan dan pembicaraan dengan penyedia layanan seluler. Namun, bukan tidak mungkin Apple memilih untuk mengambil risiko dan menghapus SIM Card Tray untuk selama-lamanya.

Tombol Home

Tombol Home adalah salah satu ciri khas yang selalu hadir di perangkat iPhone. Namun, dikabarkan bahwa ada kemungkinan di masa depan tombol home tak lagi hadir di seri-seri iPhone berikutnya.

Kemungkinan itu diketahui dari daftar paten yang diterbitkan oleh Kantor Paten Amerika Serikat tahun lalu. Dari daftar itu diketahui bahwa Apple telah memiliki banyak daftar paten di bidang teknologi layar. Salah satunya adalah teknologi yang memungkinkan layar untuk langsung membaca sidik jari.

Paten itulah yang kemudian diperkirakan akan jadi babak baru dalam pengembangan teknologi layar Apple. Sebab, jika paten itu benar-benar telah sempurna maka ada kemungkinan Apple tidak lagi menggunakan tombol fisik untuk membuka layar. Jadi, nantinya semua aktivitas akan langsung dilakukan di atas layar.

Di sisi lain, teknologi TouchID masih akan tetap ada. Sebab, TouchID masih berfungsi untuk membuka layar sampai mengizinkan transaksi Apple Pay. Namun, dengan adanya teknologi pembacaan sidik jari langsung dari layar jelas TouchID akan jadi fitur yang sangat berguna.

Lightning Port

Kendati Lightning Port termasuk fitur baru di perangkat iPhone, namun tidak menutup kemungkinan bahwa fitur ini nantinya akan dihilangkan juga. Salah satu alasannnya adalah kabar yang menyebutkan bahwa Apple berniat untuk mulai mengembangkan teknologi nirkabel untuk pengisian daya.

Jika, hal itu benar adanya maka jelas bahwa ini akan jadi awal untuk iPhone bebas-kabel. Sebab, besar kemungkinan nantinya semua koneksi dengan perangkat lain ataupun aksesoris dapat dilakukan secara nirkabel.

Namun, memang untuk saat ini paling tidak Lightning Port masih akan dipertahankan untuk saat ini. Pilihan ini jadi yang paling mungkin sebab port ini juga sudah digunakan oleh pembuat aksesoris pihak ketiga untuk membuat alat pengisi daya serta untuk perangkat untuk audio.

R24/rno 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru