riau24 Pemerintah Dinilai Bisa Tawar Harga Saham Freeport | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Pemerintah Dinilai Bisa Tawar Harga Saham Freeport

0
Tambang Freeport (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)
Berita Riau -  Pemerintah Dinilai Bisa Tawar Harga Saham Freeport
Jakarta, Riau24.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) menilai harga tawaran nilai saham PT Freeport Indonesia ke pemerintah terkait divestasi saham dengan nilai sebesar USD1,7 miliar merupakan hal yang wajar. Sebab, harga itu masih bisa dikaji oleh pemerintah dan masih dalam proses tawar-menawar.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI‎ Samsul Hidayat menjelaskan pemerintah masih bisa mengkaji dan mempertimbangkan harga divestasi saham yang ditawarkan. Hal itu tidak hanya kajian pemerintah, tapi juga kajian independepen perlu didapatkan agar bisa menentukan kesepakatan harga yang ditawarkan terkait divestasi saham Freeport.

"Kalau harga yang dikeluarkan demikian (Freeport). Intinya nanti kan pembeli pemerintah, pemerintah akan menawar. Atas dasar apa menawar, penawaran atas dasar valuasi dari pihak pemerintah, apakah harga itu wajar atau tidak," tutur Samsul, ditemui di Gedung BEI, Jakarta, Jumat (15/1/2016).

Lebih lanjut, dirinya mengatakan, apabila pemerintah ingin membeli saham Freeport maka konsorsium BUMN tambang diharapkan yang mengambilnya. Hal itu perlu dilakukan agar pengelolaan Freeport Indonesia bisa ditangani dengan baik mengingat pengalaman dan kemampuan BUMN tambang yang sudah terpercaya.

Selain mempunyai kemampuan, tambah Samsul, BUMN tambang memiliki dana untuk membeli saham Freeport Indonesia bila dibandingkan dengan pihak lain yang belum memiliki pengalaman dan dana yang cukup.

"Saya kira pas tambang BUMN yang mengambil saham Freeport. Punya pengalaman tambang dan dana yang cukup. Kalau jual ke lain, praktis belum punya pengalaman seperti BUMN tambang," jelas Samsul.

Samsul menambahkan, bila pemerintah sudah memiliki 20 persen saham Freeport Indonesia maka Pemerintah Indonesia bisa menempatkan salah satu orang di negeri ini untuk mengisi kursi di jajaran direksi Freeport.

"Maka bisa juga mengambil peran lebih dalam pengelolaan perusahaan yang kontraknya berada di Grassberg," tutup Samsul.

R24/rno
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru