riau24 Cara Mudah Tambah Akselerasi Motor Matik | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Cara Mudah Tambah Akselerasi Motor Matik

0
Transmisi motor matik. (superpolish)
Berita Riau -  Cara Mudah Tambah Akselerasi Motor Matik

Riau24.com - Banyak orang gemar mengendarai motor matik karena mudah dioperasikan. Cukup putar tuas gas, maka motor akan meluncur. Tidak perlu bingung memindah gigi transmisi dan menarik tuas kopling.

Namun, beberapa orang mengeluhkan soal akselerasi motor yang kurang mumpuni, terutama saat dipakai berboncengan atau membawa beban berat.

Dilansir Welovehonda, Rabu 13 Januari 2016, ada cara mudah untuk menambah akselerasi motor matik, yakni dengan mengganti roller transmisi.

Komponen ini letaknya ada di dalam rumah transmisi, tepatnya di pulley depan. Sekedar informasi, motor matik memiliki dua pulley dan satu drive belt. Pada motor biasa, pulley adalah gear motor, sementara drive belt diganti menjadi rantai.

Pulley motor matik bisa berubah diameternya. Ini dirancang agar transmisi bisa otomatis menyesuaikan akselerasi dengan kebutuhan. Jadi, ibarat gear yang bisa berubah-ubah ukurannya.

Untuk mengubah diameter, pulley butuh roller. Jika roller diganti dengan yang bobotnya lebih ringan, maka akselerasi akan lebih baik. Namun jika ingin kecepatan puncak yang bertambah, maka ganti roller dengan yang bobotnya lebih berat.

Perlu diingat, roller adalah salah satu komponen transmisi motor matik yang mudah rusak. Jika bentuknya sudah tidak bulat lagi, maka artinya roller perlu diganti dengan yang baru.

R24/rno

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru