riau24 Sanksi Nuklir Iran Akan Dicabut | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Sanksi Nuklir Iran Akan Dicabut

0
Iran diambang terbebas dari sanksi yang dijatuhkan karena proyek nuklirnya | (Istimewa)
Berita Riau -  Sanksi Nuklir Iran Akan Dicabut
Wina, Riau24.com - Menteri Luar Negeri Iran, Mohammad Javad Zarif tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya. Pasalnya, hari ini, sanksi yang diterima Iran atas aktivitas nuklirnya akan dicabut.

"Ini adalah hari yang baik bagi rakyat Iran dan juga hari yang baik untuk dunia. Sanksi Iran akan dicabut hari ini," katanya setelah tiba di ibukota Austria, Wina, seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Sabtu (16/1/2016).

Zarif, yang memimpin delegasi Iran dalam pembicaraan nuklir dengan enam negara kuat dunia, mengatakan bahwa kesepakatan itu telah menghapus bayangan konfrontasi tak mendasar dari Timur Tengah.

"Ini membuktikan bahwa kita dapat memecahkan masalah yang penting melalui diplomasi, bukan ancaman serta tekanan, dan dengan demikian hari ini pasti menjadi hari yang penting," tuturnya.

Sebelumnya, Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah menghentikan segala penyelidikan terhadap proyek nuklir Iran. IAEA menyatakan Iran telah menghentikan proyek bom nuklirnya pada 2009 lalu.

Laporan itu memungkinkan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry, Zarif, dan Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa Federica Mogherini, untuk mengumumkan berlakunya perjanjian Wina yang berujung pada pencabutan sanksi bagi Iran.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru