riau24 SSD Berkapasitas Terbesar di Dunia Resmi Hadir | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

SSD Berkapasitas Terbesar di Dunia Resmi Hadir

0
SSD Drive Berkapasitas Terbesar di Dunia dengan kapasitas 13 TB. Kredit: Extreme Tech
Berita Riau -  SSD Berkapasitas Terbesar di Dunia Resmi Hadir
Jakarta, Riau24.com - Perusahaan media penyimpanan flash Fixstars baru saja memecahkan rekor kapasitas media penyimpanan. Sepasang SSD drives baru besutannya hadir dengan kapasitas masing-masing 10 dan 13 TB. 

Ini adalah pertama kalinya, menurut informasi yang dihimpun dari Extreme Tech, Jumat (15/1/2016), bahwa kapasitas media penyimpanan flash mengalahkan kapasitas media penyimpanan konvensional (hard drive). Sebelumnya, Seagate mengumumkan dua hard drives berkapasitas 8 dan 10 TB.

Untuk diketahui, pertama, seperti tolok ukur yang Fixstars gambarkan, produk baru perusahaannya ini cenderung menawarkan performa stabil ketimbang kecepatan maksimum.
Kedua, SSD drives ini tidak dimaksudkan bagi konsumen umum. Fixstars sebelumnya telah menyatakan bahwa pihaknya mengoptimalkan produk barunya untuk beban kerja seperti penyimpanan objek,streaming distribusi konten, produksi CG / VFX, dan pemrosesan video.

Banderol harga untuk versi 13TB adalah US$ 19 ribu atau sekitar Rp 26 juta. Jelas, ini bukan harga yang terbilang murah. 

Jika dirinci, cost work yang dihabiskan mencapai US$ 1,46 atau sekitar Rp 20 ribu per GB. Harga ini jauh lebih tinggi ketimbang cost work pada media penyimpanan konvensional.

Fixstars 13000M menggunakan disk controller khusus yang dirancang olehnya sendiri dan memori NAND MLC 15nm besutan Toshiba. Kecepatan ​membaca ​sekuensialnya tercatat 580MB/s, sedangkan kecepatan menulis sekuensialnya 540MB/s. Untuk konsumsi daya,SSD drive ini memakan daya 3 Watt saat idle dan hingga 6.5W saat dioperasikan.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru