riau24 Waduh.... Chevron ini Dikabarkan Segera PHK 1.500 Karyawan  | Berita Riau
Jumat, 15 Desember 2017

Waduh.... Chevron ini Dikabarkan Segera PHK 1.500 Karyawan 

1
Berita Riau -  Waduh.... Chevron ini Dikabarkan Segera PHK 1.500 Karyawan 
Jakarta, Riau24.com - Akibat dari dampak anjlok harga minyak dunia hingga menyentuh level USD 20-an per barel pada awal tahun ini, telah memukul perusahaan minyak dan gas bumi (migas) di seluruh dunia. Tidak terkecuali bagi Chevron.
 
Berbagai upaya dilakukan untuk mempertahankan usahanya, mulai dari mengerem ekspansi bisnis, efisiensi operasional hingga pengurangan jumlah karyawan. Pola seperti ini juga mulai diterapkan perusahaan migas multinasional yang beroperasi di Indonesia.
 
Salah seorang petinggi perusahaan migas multinasional di Indonesia mengabarkan, Chevron Indonesia berencana melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sekitar 1.500 orang karyawannya. Kebijakan ini pada Maret mendatang. "Pengumuman PHK dua minggu lagi," katanya seperti dilansir katadata.co.id.
 
Berdasarkan informasi yang diperoleh Katadata, manajemen Chevron di Indonesia memang tengah mempersiapkan program efisiensi usaha akibat dampak anjloknya harga minyak dunia. Program itu meliputi pensiun dini dengan skema golden shake hand terhadap 25 persen dari total karyawannya. 
 
Berdasarkan laman situs Chevron, perusahaan migas asal Amerika Serikat tersebut memiliki sekitar 6.300 karyawan dan 30 ribu karyawan mitra kerja di Indonesia.
 
Tak cuma melakukan PHK, Chevron juga berencana menjalankan program efisiensi terhadap tenaga kerja kontraktor dan efisiensi kegiatan jasa penunjang bisnisnya di Indonesia. Bahkan, sebelumnya Chevron sudah melakukan sejumlah efisiensi berupa pengurangan kegiatan dan fasilitas para karyawan.
 
Antara lain, menutup fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan klinik, menghilangkan bantuan pendidikan dan sewa rumah bagi karyawannya, hingga penghapusan kegiatan family gathering. Selain itu, mengurangi penggunaan tenaga kerja lepas dan memperketat kriteria kenaikan gaji berdasarkan prestasi (merit increase).
 
Sekadar informasi, Chevron termasuk salah satu dari tujuh perusahaan migas terbesar di dunia (seven sister company). Perusahaan ini sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1924. Wilayah kerja Chevron di Indonesia berada di Kalimantan dan Sumatera. Di Sumatera, Chevron mengoperasikan dua lapangan utama, yakni Duri dan Minas. Selain itu, Chevron mengoperasikan Pelabuhan Dumai, yang merupakan terminal pengangkutan minyak terakhir. Adapun di Kalimantan Timur, Chevron memiliki tiga wilayah kerja utama yakni North Area, South Area dan West Seno.
 
Saat ini, Chevron mengembangkan proyek ultra laut dalam yang pertama di Indonesia, yang dikenal sebagai proyek Indonesia Deepwater Development (IDD). Lima lapangan pertama yang akan dikembangkan adalah Gendalo, Maha, Gandang, Gehem dan Bangka.
 
Namun, sepanjang 2015 Chevron gagal mengebor 49 sumur eksplorasi. Rinciannya adalah PT Chevron Pacific Indonesia sebanyak 45 sumur dan Chevron Indonesia Company sebanyak 4 sumur.
 
Di sisi lain, sepanjang tahun lalu Chevron melepas kepemilikan sahamnya di beberapa blok migas. Di Blok B South Natuna Sea, Chevron melepas saham sebesar 25 persen. Sementara di West Papua I dan West Papua III, Chevron melepas 51 persen sahamnya.
 
R24/rul/kat
 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 03 November 2017 21:50 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/lm3HgNo.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru