riau24 Kali Ini Rupiah Kena Imbas Merosotnya Harga Minyak Dunia | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Kali Ini Rupiah Kena Imbas Merosotnya Harga Minyak Dunia

0
Petugas menghitung pecahan dolar AS di salah satu gerai penukaran mata uang asing di Jakarta (ANTARA/Rivan Awal Lingga)
Berita Riau -  Kali Ini Rupiah Kena Imbas Merosotnya Harga Minyak Dunia

Riau24.com - Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan awal pekan ini berpeluang melanjutkan pelemahan, lantaran adanya potensi penurunan lanjutan pada harga minyak mentah dunia.

 
Analis PT NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada, mengatakan kurs dolar AS yang masih kuat berkuasa akan makin memberi tekanan pada mata uang garuda, jika harga minyak mentah tidak kunjung mengalami peningkatan.
 
"Tren pelemahan yang terjadi pada nilai tukar rupiah diperkirakan kembali berlanjut, jika laju dolar AS masih menunjukan penguatan, terutama jika harga minyak mentah tidak kunjung mengalami peningkatan," ujarnya kepadaVIVA.co.id, di Jakarta, Senin, 18 Januari 2016.
 
Reza memperkirakan, laju rupiah berada di level batas bawah Rp14.040 per dolar AS dan batas atas di level Rp13.815 per dolar AS. 
 
"Dengan demikian, para pelaku pasar disarankan untuk tetap mewaspadai jika tren pelemahan kembali terjadi," ucapnya.
 
Menurut Reza, meski Bank Indonesia telah memangkas suku bunga acuannya sebesar 0,25 bps menjadi 7,25 persen, tetapi dinilai kurang memberikan angin segar bagi kurs rupiah. 
 
Sebab, faktor eksternal lebih memberikan pengaruh yang signifikan.
 
"Meski harga minyak sempat menguat dan membuat laju dolar AS melemah, namun tidak diimbangi oleh laju mata uang Asia, terutama pelemahan yuan," ucap Reza.
 
Reza mengungkap, beberapa mata uang yang melemah terhadap dolar AS, antara lain poundsterling, dolar Australia dan dolar Kanada. 
 
"Pelemahan nilai tukar rupiah juga disebabkan reaksi negatif pelaku pasar terhadap rilis neraca perdagagan Desember 2015 yang defisit US$230 juta," katanya. 

R24/jef/viv 

Video Channel Riau24 TV




Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru