riau24 Seluruh Kendaraan Harus KIR | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Seluruh Kendaraan Harus KIR

0
salah satu mobil yang kir di UPP KIR Dishub Infokom Kuansing
Berita Riau -  Seluruh Kendaraan Harus KIR
Kuansing, Riau24.Com - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Perhubungan dan Informasi komunikasi (Dishub Infokom) menekankan, agar seluruh kendaraan melakukan uji kelayakan (KIR).

Penekanan tersebut disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Kabupaten Kuantan Singingi, Ir. H. Mashuri Intan, MM melalui Kepala Bidang Angkutan Darat Yusran, S. Sos, didampingi Kasi Keselamatan dan Pengujian, Abdul Latif, S.Sos ketika dihubungi.

Menurutnya, Seluruh kenderaan wajib dilakukan pengujian atau KIR ke UPT Dinas Perhubungan, mengacu kepada UU Nomor 22 tahun 2009 pasal 48 ayat 1 bahwa setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan dijalan termasuk angkutan orang maupun barang harus memenuhi teknis dan laik jalan.

"Sehubungan itu dengan setiap kendaraan angkutan barang dan orang yang beroperasi di Kuansing wajib melaksanakan pengujian kendaraan ke UPT PKB Dinas Perhubungan.

Adapun yang wajib melakukan pemeriksaan dan pengujian kendaraan itu bermotor tersebut, meliputi kendaraan yaitu kendaraan pikap, pikap double cabin, bus, truk atau dum truck. Sedangkan untuk kendaraan ambulan yang belum diatur dalam UU No 22/2009 demi keselamatan penumpangnya di jalan raya tetap dihimbau untuk melakukan uji laik jalan, serta melakukan pemeriksaan dan pengujian kendaraan bermotor pada UPT PKB Dishub Infokom Kuansing.

Ditambahkannya, Di kuansing ini terdapat mobil dinas Pemkab Kuansing lebih dari 100 unit mobil dinas yang akan dilakukan pemeriksaan uji laik jalan dua kali dalam setahun. Sedangkan untuk mobil umum angkutan barang dan orang pihaknya memiliki sekitar 3000 mobil wajib KIR dengan target PAD pada 2016 sebesar Rp 670 juta.

"Mudah-mudahan ke depannya semua pemilik kendaraan segera melakukan uji KIR untuk keselamatan pengendara dan penumpang," tukasnya.

R24/red/zar
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru