riau24 Target 1000 Teknopreneur, Kominfo Gandeng Huawei | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

Target 1000 Teknopreneur, Kominfo Gandeng Huawei

0
Peluncuran Pusat Inovasi Huawei-Kominfo di di Gedung BRI II lantai 29, Jalan Sudirman kav. 44-46, Jakarta, Selasa (19/01/2016). (VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto)
Berita Riau -  Target 1000 Teknopreneur, Kominfo Gandeng Huawei

Riau24.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika tengah ‎ancang-ancang untuk mencetak 1.000 pengusaha teknologi (teknopreneur) pada 2020. Untuk mencapainya, mereka menggandeng PT Huawei Tech Investment (Huawei Indonesia) dengan membuka Pusat Inovasi Kominfo - Huawei.

Pusat penggodokan teknopreneur yang terletak di Gedung BRI II lantai 29, Jalan Sudirman kav. 44-46, Jakarta ini diharapkan dapat merealisasi target pemerintah untuk melahirkan 200 teknoprenuer setiap tahunnya sampa lima tahun ke depan.

"Pada tahun 2020, nilai dari e-commerce Indonesia, diharapkan mencapai angka minimal US$130 miliar dan lahirnya 200 teknopreneur baru setiap tahun. Ini akan meningkatkan aktivitas e-commerce di Indonesia, sehingga diharapkan e-commerce dapat menjadi pendorong ekonomi digital di Tanah Air," ucap Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara di lokasi, Selasa 19 Januari 2016.

Dari sisi fungsinya, pusat inovasi ini akan dijadikan penggemblengan beberapa program, seperti pelatihan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), memfasilitasi penelitian bersama, dan menyediakan konsultasi di bidang TIK.

Huawei berharap, kehadiran pusat inovasi ini dapat membentuk ekosistem digital yang membantu melahirkan lebih banyak teknopreneur muda, yang mana didukung oleh keberadaan infrastruktur berupa ruang kelas dan perangkat Virtual Desktop Infrastructure kepunyaan Huawei.

Pada pusat inovasi ini, Huawei mengatakan, terdapat empat materi edukasi guna membentuk para calon teknoprenuer dengan modul yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia. Empat silabus tersebut, yaitu e-commerce, mobile application, networking, dan virtual reality.

"Kerja sama yang dilakukan dengan Kominfo ini bisa membuka akses lebih banyak talenta lokal untuk mengasah kemampuan mereka, khususnya di bidang konten dan aplikasi. Setelah Jakarta, kami akan segera membangun pusat inovasi di Yogyakarta sebagai salah satu kota pelajar di Indonesia," kata Chief Executive Officer Huawei Indonesia, Sheng Kai.

R24/jef/viv

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru