riau24 Hadapi MEA, Disperindag Dumai Sudah Berkoordinasi Dengan Menteri Perdagangan | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Hadapi MEA, Disperindag Dumai Sudah Berkoordinasi Dengan Menteri Perdagangan

0
Kasperindag
Berita Riau -  Hadapi MEA, Disperindag Dumai Sudah Berkoordinasi Dengan Menteri Perdagangan

Dumai, Riau24.com - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Dumai, Zulkarnaen mengaku sudah berkoordinasi dengan Menteri Perdagangan Thomas Lembong untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN 2016.

Dalam agenda rapat koordinasi bersama Menteri Perdagangan di Jakarta belum lama ini, ada beberapa pesan yang disampaikan Menteri Perdagangan Thomas Lembong, diantaranya pembangunan infrastruktur dan memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi MEA.

“ Untuk itu kita akan berkoordinasi dengan Badan Perencanaan Kota Dumai, Dinas Pekerjaan Umum Kota Dumai dan Dinas Perhubungan untuk pembangunan infrastruktur dasar, seperti pembangunan atau perbaikan jalan, pembenahan bandara serta pembenahan pelabuhan laut,” ujar Zulkarnaen, kemarin.

Sedangkan dalam mempersiapkan SDM, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Dumai. “ Agar kita mampu bersaing di pasar bebas ASEAN kita harus terus meningkatkan keahlian dan keterampilan para pelaku usaha seperti pelaku Industri Kecil Menengah (IKM), pelaku Usaha Kecil Mengengah (UKM) dan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” sebutnya.

Pengembangan SDM dalam rangka menciptakan pelaku usaha yang handal agar mampu menghasilkan produk yang berkualitas serta mampu menghasilkan produk sesuai standard. “ Dan yang tidak kalah penting lagi, kita akan mempersiapkan SDM pelaku usaha dalam penerapan teknologi produksi dan inovasi produk untuk menghasilkan produk yang berdaya saing tinggi,” urainya.

Selanjutnya, melakukan pembinaan dan pendampingan para pelaku usaha dalam rangka menghasilkan produk yang memenuhi standard, seperti menghasilkan produk yang memiliki izin dari Dinas Kesehatan, memiliki label halal, dan terdaftar di BPOM.
Selain menghasilokan produk berkualitas, pelaku usaha juga harus mampu membuat kemasan produk yang menarik dengan harga terjangkau sehingga produk kita tidak kalah saing dengan prdoduk dari negara-negara ASEAN.

Terakhir, dalam menghadapi MEA 2016, Menteri Perdangan mengajak kita untuk mendirikan MEA Center tujuannya untuk mensosialisasikan MEA kepada pelaku usaha.
“ MEA Center nantinya akan menjadi sarana konsultasi dan edukasi bagi para pelaku usaha dan publik. Selain itu MEA Center akan menjadi media bagi masyarakat untuk melihat perkembangan dan peluang MEA,” ungkap Zulkarnaen.

Demikian beberapa pesan yang disampaikan Menteri Perdagangan Thomas Lembong pada acara rapat koordinasi persiapan Kabupaten/Kota di Indonesia menghadapi MEA 2016 di Jakarta belum lama ini. “ Kami mohon dukungan dari semua pihak agar apa yang menjadi pesan Menteri Perdagangan dapat terlaksana dengan baik,” tutupnya.

R24/red/dik 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru