riau24 Saum TMP Diwacanakan Dikelola Oleh Dishubkominfo | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Saum TMP Diwacanakan Dikelola Oleh Dishubkominfo

0
Berita Riau -  Saum TMP Diwacanakan Dikelola Oleh Dishubkominfo
Pekanbaru, Riau24.com - Transmetro Pekanbaru atau biasa disebut sebagai Transmetro atau Busway TMP adalah sebuah sistem transportasi bus rapid transit cepat yang terdapat di kota Pekanbaru. Trans Metro Pekanbaru ini telah diresmikan penggunaannya oleh Walikota Pekanbaru, Bapak Drs. H. Herman Abdullah pada hari Kamis tanggal 18 Juni 2009. TMP dipusatkan di Terminal AKAP Payung Sekaki yang sekarang sudah beroperasi melalui beberapa koridor di pekanbaru. Pembentukan Perseroan Terbatas atau PT yang akan mengelola Trans Metro Pekanbaru yang berada dibawah naungan PD Pembangunan diperbolehkan secara hukum. Hal ini berdasarkan hasil konsultasi yang dilakukan Direksi PD Pembangunan ke Kantor Kementrian Hukum, HAM dan Perundang2an awal pekan lalu di Jakarta.

Akan tetapi, ada rencana penyerahan Sarana Angkutan Umum (Saum) Trans Metro Pekanbaru (TMP) dari Perusahaan Daerah (PD) Pembangunan ke Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo). Hal ini disampaikan oleh Kepala Dishubkominfo kota Pekanbaru, Arifin Harapan yang mengatakan memang ada rencana pengembalian pengelolaan TMP dari PD Pembangunan kepada pihaknya. Termasuk kewenangan pengelolaan bus TMP trayek anglomerasi sebanyak 50 unit yang merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan.

"Bagi kami yang namanya amanah siap saja untuk menjalankannya. Kami siap saja kalau memang jelas ada regulasinya, makanya dikaji dulu boleh tidak kami yang mengelolanya. Kalau payung hukumnya jelas, kami siap saja," jelasnya.

Sementara itu, ketika dikonfirmasi kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Pekanbaru Syukri Harto, ia menegaskan Pemko akan mengkaji lebih dalam lagi mengenai pegelolaan bus TMP yang diserahkan kepada Dinas Perhubungan. Karena menurut aturannya yang diserahkan mengelolanya adalah BUMN atau BUMD dan tidak disebutkan adanya unsur pemerintah.

"Kita akan kaji dulu peraturannya, jadi belum bisa dipastikan akan diserahkan sepenuhnya kepada Dinas Perhubungan," jelasnya.
R24/mla

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru