riau24 Mundurnya Maroef Sjamsuddin Harus Diinvestigasi | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

Mundurnya Maroef Sjamsuddin Harus Diinvestigasi

1
Anggota Timwas Century, Fahri Hamzah, di rumah Anas Urbaningrum. (ANTARA/Dhoni Setiawan)
Berita Riau -  Mundurnya Maroef Sjamsuddin Harus Diinvestigasi

Riau24.com – Wakil Ketua DPR-RI Fahri Hamzah menyebutkan, pengunduran diri Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Maroef Sjamsuddin di tengah kondisi isu Freeport yang masih memanas dirasa agak janggal. Selain waktu jabatannya yang memang mau habis, tapi pengunduran diri itu tak lama setelah kedatangan Dubes AS untuk Indonesia, Robert Blake.

“Jadi kemunduran Maroef itu betapa pentingnya kita harus melakukan investigasi terhadap apa yang terjadi dengan Freeport. Apakah ada permainan tingkat tinggi?” ujarnya  Selasa 19 Januari 2016.

Menurut dia, kunjungan Robert Blake ke Freeport di Papua dan pengunduraan diri Maroef serta sebelumnya Chairman Freeport McMoRan, Jim Moffet yang waktunya tidak jauh berbeda, jelas menjadi tanda tanya besar.

“Kartu apa yang mau dimainkan Freeport? Itu dianggap sukses atau gagal? Ini jadi tanda tanya besar,” ujar politisi PKS ini.

Untuk itu, kondisi ini tidak bisa dibiarkan oleh pemerintah. Justru harus menjadi langkah awal untuk mengambil keputusan secara menyeluruh dalam melihat operasional Freeport di Papua ke depannya. Makanya ia sangat mendesak agar dilakukan investigasi.

“Untuk DPR sendiri, di masa sidang ini kami ingin mengecek, ada apa di belakang rentetan kejadian ini. Bisa saja kami bentuk Pansus,” kata dia.

Kalau itu dibentuk, kata dia, nantinya Pansus dapat mengusulkan ke Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melakukan audit dan investigasi.

“Misalnya, ada laporan berapa yang sudah dieksploitasi Freeport. Siapa saja yang memegang saham, bisa diinvestigasi pembagian secara proporsional bagi Papua dan masyarakat sekitar bagaimana? Jadi nanti semua diserahkan ke BPK,” katanya.

R24/jef/viv 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Jumat, 03 November 2017 21:50 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/lm3HgNo.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru