riau24 BUMN Ini Ubah Limbah Jadi Air Bersih | Berita Riau
Kamis, 14 Desember 2017

BUMN Ini Ubah Limbah Jadi Air Bersih

0
Berita Riau -  BUMN Ini Ubah Limbah Jadi Air Bersih

Riau24.com - Maraknya perusakan dan pencemaran lingkungan telah menyebabkan Indonesia menjadi kawasan yang sepertinya tidak mungkin lolos dari permasalahan ketersediaanair bersih untuk pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat. Padahal, posisi Indonesia secara geografis, memiliki potensi kekayaan air bersih melimpah bahkan enam persen dari 21 persen cadangan air bersih Asia Pasifik.

Menanggapi persoalan itu, Direktur PT Energy Management Indonesia (EMI) Aris Yunanto mengungkapkan, salah satu langkah untuk mengatasi krisis air bersih adalah dengan memanfaatkan air limbah sebagai sumber air bersih.

Aris menyebutkan, pengubahan limbah menjadi sumber air bersih sudah berhasil diterapkan oleh EMI dengan langkah kerjasama yang selama ini telah dilakukan dengan sejumlah pusat perbelanjaan yang ada di Jakarta. Di mana pusat perbelanjaan dimaksud menggunakan teknologi dari EMI untuk mengolah air limbah dari tenant dan pengunjung.

"Rencananya, tahun ini ada tujuh pusat perbelanjaan lagi yang membuka peluang bekerjasama dengan EMI untuk pengelolaan air limbah," kata Aris di Jakarta, Rabu (20/1/2016).

Aris melanjutkan, penerapan teknologi EMI soal pengubahan limbah menjadi air bersih membuat perusahaan tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan internal akan air bersih, namun juga mendapatkan efisiensi biaya sebesar 70 persen dibandingkan jika suatu perusahaan membeli air bersih dari luar secara terus menerus.

Tidak hanya itu, efisiensi biaya tersebut memungkinkan nilai investasi, yang berada pada kisaran Rp2 miliar, dimungkinkan kembali dalam waktu satu atau satu setengah tahun. Oleh karena itu, makin banyak pula perusahaan yang berminat menerapkan teknologi serupa.

Keberhasilan tersebut, sambung Aris, mendorong EMI untuk terus mengupayakan kerjasama dengan kawasan-kawasan industri untuk pengolahan air limbah kawasan dan juga pengelolaan air limbah refinery atau minyak milik BUMN yang lain.

Mengingat salah satu penyebab krisis air bersih adalah pencemaran, kata Aris, penerapan teknologi pengolahan air limbah menjadi air bersih sangat tepat. Karena teknologi tersebut bisa diterapkan bersesuaian dengan karakteristik limbah masing-masing industri yang bisa jadi berbeda-beda, pun pada air yang terkontaminasi limbah yang mengandung Bahan Kimia Berbahaya (B3).

"EMI sudah memiliki mini reactor yang bisa dicoba, bahkan sampai kondensat sekalipun. Jadi air yang berasal dari pengolahan minyak, yang jelas-jelas memiliki kandungan B3, dapat kami netralkan hingga memenuhi kriteria air bersih sebelum digunakan lagi atau dibuang ke alam," tambahnya.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang konservasi dan konversi energi dan air, EMI berupaya menghindari penggunaan air tanah, untuk menjaga keseimbangan air darat maupun air di laut. Pengolahan air laut menjadi air bersih adalah juga salah satu hal yang mulai dilirik untuk diterapkan di sejumlah daerah di Indonesia, misalnya di Balikpapan dan Jawa Tengah.

R24/jef/oke 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru