riau24 Calon Pengantin Wajib Kursus Dan Sertifikat Bila Nikah | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Calon Pengantin Wajib Kursus Dan Sertifikat Bila Nikah

0
Kadis Kopindag
Berita Riau -  Calon Pengantin Wajib Kursus Dan Sertifikat Bila Nikah

Kuansing, Riau24.Com - bagi para calon pengantin yang mau nikah, tidak bisa melakukannya sembarangan, akan tetapi haru mengikuti kursus dan sertifikat terlebih dahulu. Karena Badan Penasehat, Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4)
Kabupaten Kuantan Singingi, Mewajibkan kepada setiap calon pengantin untuk memiliki sertifikat kursus pra nikah.

Ketentuan ini mulai berlaku sejak Januari 2016, sedangkan tahun-tahun sebelumnya tidak menjadi salah satu persyaratan," Ungkap Ketua Badan Penasehat Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan (BP4) Kabupaten Kuantan Singingi, H. Tamsil M, S.PdI melalui Sekretaris Umum H. Bakhtiar Saleh, S. Ag dalam rilis kepada wartawan.

Menurutnya, Sejak 1 Januari 2016, setiap calon pengantin yang akan melangsungkan pernikahan diwajibkan memiliki sertifikat lulus kursus pra nikah. Persyaratan itu diwajibkan berdasarkan Peraturan Dirjen Bimas Islam Kemenag RI Nomor 542 tahun 2013 dan kursus itu dilaksanakan oleh BP4 kecamatan.

"Kursus calon pengantin itu diadakan sebanyak 24 jam, sedangkan teknis pelaksanaannya diserahkan kepada BP4 kecamatan sebagai pelaksana," Paparnya.

Dijelaskannya, Bagi calon pengantin dari luar daerah, katanya, boleh membawa sertifikat dari daerah asalnya atau daerah mana saja, Itu yang harus dipenuhi oleh calon pengantin sekarang ini. Kursus Pra Nikah ini bertujuan untuk memberikan bekal yang maksimal kepada calon pengantin terkait tata cara dan aturan rumah tangga, dan untuk meminimalisir angka perceraian.

"Jadi, sangat besar manfaatnya. Apalagi ini adalah untuk meminimalisir terjadinya perceraian di kalangan suami istri, baik yang baru menikah maupun yang sudah lama menikah," Tukasnya.

R24/red/zar 

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru