riau24 Setahun Raja Salman Naik Takhta, Saudi Dinilai Lebih Tegas | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Setahun Raja Salman Naik Takhta, Saudi Dinilai Lebih Tegas

1
Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al-Saud. | (Reuters)
Berita Riau -  Setahun Raja Salman Naik Takhta, Saudi Dinilai Lebih Tegas
Riyadh, Riau24.com - Sudah setahun Salman bin Abdulaziz naik takhta menjadi raja Kerajaan Arab Saudi menggantikan almarhum Raja Abdullah. Dalam setahun kepemimpinannya, Raja Salman dinilai lebih tegas meski ekonomi dalam negeri mengalami kegoyahan.
 
Di internal kerajaan, Raja Salman yang berusia 79 tahun telah membuat kebijakan mengejutkan. Salah satunya menunjuk putranya Mohammed bin Salman yang belum genap 30 tahun menjadi Menteri Pertahanan Saudi. Meski merupakan putra raja yang berkuasa saat ini, Mohammed bukanlah putra mahkota melainkan wakil putra mahkota kerajaan.
 
Ketegasan Pemerintah Raja Salman dari pendahulunya terlihat dari kebijakan luar negerinya, terutama saat memutuskan memimpin koalisi Teluk untuk melakukan agresi di Yaman. Pemerintah Raja Salman juga menerapkan langkah berani soal penghematan besar-besaran untuk mengatasi defisit anggaran, yang salah satunya akibat anjloknya harga minyak. Saudi bahkan mulai menghapus subsidi untuk warganya.
 
Meski dipandang lebih tegas, Pemerintah Raja Salman juga disorot dunia, terutama soal catatan hak asasi manusia di negara itu. ”Pergeseran kunci, saya akan mengatakan bahwa kebijakan luar negeri lebih tegas, kata Adam Baron, seorang visitting fellow di Dewan Hubungan Luar Negeri Eropa.
 
Kami telah melihat Saudi mengambil peran kepemimpinan yang lebih kuat di wilayah tersebut, didorong baik oleh peningkatan kekosongan kekuasaan dan kecemasan mereka atas pengaruh Iran,” lanjut dia, seperti dikutip AFP, Rabu (20/1/2016).
 
Pada 2015, kepemimpinan Raja Salman juga jadi sorotan dunia setelah musibah Mina yang menewaskan ribuan Jemaah haji. Musibah itu telah memicu ketegangan Saudi dengan Iran, sebab mayoritas korban berasal dari Iran.
 
Setelah tiga bulan berkuasa, Raja Salman juga membuat kejutan dengan mengumumkan putra mahkota Saudi, yaitu Mohammed bin Nayef, 56. Sedangkan putranya, Mohammed bin Salman menjadi wakil putra mahkota.
 
Raja Salman juga menunjuk Adel Al-Jubeir sebagai Menteri Luar Negeri yang dikenal vokal dan dianggap masih muda.

R24/rno
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nelivera
Rabu, 13 Desember 2017 13:57 wib
SABUNG AYAM DAN PACUAN KUDA & ANJING ======> AYOKJOIN SEKARANG JUGA Minimal deposit hanya 50 ribu. ada bonus deposit 10% untuk member baru dan bonus deposit harian sebesar 5% ayo untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini Terima kasih dan salam succecs Form Bolavita !! [URL=http://www.bolavita.net/register/] https://i.imgur.com/Ms1ZMuu.jpg
Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru