riau24 Warga Minta Pemkab Rohul Segera Perbaiki Jalan Rusak | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Warga Minta Pemkab Rohul Segera Perbaiki Jalan Rusak

0
Jalan poros desa surau munai
Berita Riau -  Warga Minta Pemkab Rohul Segera Perbaiki Jalan Rusak
Rohul, Riau24.com - Akibat tingginya intensitas hujan di awal tahun ini, jalan status kabupaten dan jalan desa mengalami kerusakan. Kondisi ini membuat masyarakat gerah dan mendesak Pemkab Rohul segera bertindak.

Seperti kerusakan empat titik badan jalan status kabupaten antara Simpang PIR (Perkebunan Inti Rakyat) Kecamatan Tandun hingga Desa Suligi Kecamatan Pendalian IV Koto, akibat guyuran hujan, jalan rusak parah.

Jalan diperparah lagi dengan tingginya mobilitas kendaraan berat, seperti mobil tangki pengangkut minyak mentah milik PT Sumatera Persada Energi (SPE), serta truk pengangkut buah kelapa sawit PTPN V Sei Asam, dan truk pengakut kelapa sawit milik masyarakat.

"Kami berharap dinas terkait segera melakukan pemeliharaan jalan dari Simpang PIR ke Desa Suligi ini," harap Patria, warga Kecamatan Pendalian IV Koto yang kerap melintasi jalan Simpang PIR, kepada Riau24.com, Rabu (20/1/2016).

Patria juga mendesak agar DPRD Rohul menganggarkan dana dalam APBD Murni Rohul tahun anggaran 2016, dan segera disahkan, sehingga jalan di daerahnya segera diperbaiki.

Selain itu, sebelumnya, masyarakat Dusun III Kampung Rambutan Desa Pekantebih, Kecamatan Kepenuhan Hulu, Rohul, sempat menanam pohon pisang dan kelapa sawit di tengah jalan, sebagai bentuk protes agar kerusakan jalan segera diperbaiki.

Jalan tersebut sudah diperbaiki oleh Dinas BMP Rohul melalui swakelola, namun masyarakat mengakui selama tidak ditinggikan, badan jalan akan kembali rusak lagi, terutama saat musim hujan.

Masyarakat Dusun III Kampung Baru juga meminta DPRD Rohul menganggarkan dana untuk perbaikan jalan di daerah dalam APBD Murni Rohul tahun anggaran 2016.

Menanggapi keinginan masyarakat, Kepala Dinas BMP Rohul Harisman ST,MT, melalui Kabid Prasarana Jalan dan Jembatan Anton ST,MT mengakui memang di saat musim penghujan, jalan tekstur krikil dan tanah rentan rusak.

"Bukan hanya hujan saja yang menyebabkan jalan rusak, tapi truk tonase tinggi hasil perkebunan masyarakat (getah karet dan sawit) juga sebabkan kerusakan jalan," jelas Anton kepada Riau24.com.

Menurut Anton, Dinas BMP Rohul akan segera melakukan perbaikan dan pemeliharaan jalan, jika APBD Murni Rohul 2016 sudah selesai dibahas atau disahkan oleh DPRD Rohul dan bisa digunakan untuk kegiatan.

Anton menuturkan Dinas BMP Rohul telah berupaya semaksimal mungkin melakukan perawatan, agar seluruh jalan status kabupaten tetap bisa dilintasi masyarakat.

Dinas BMP Rohul, tambah Anton, juga sudah mengajukan tiga ruas jalan kabupaten ke Pemerintah Provinsi Riau, agar jalan itu menjadi jalan provinsi, yakni jalan antara Kota Lama-Muara Dilam Kecamatan Kunto Darussalam, Simpang PIR Kecamatan Tandun hingga Pendalian IV Koto, dan ruas jalan dari Langkitin Kecamatan Rambah Samo hingga ke Sempurna Alam dan Ujung Gurap Kecamatan Rambah Hilir.

Dari pengajuan Dinas BMP Rohul itu, Pemprov Riau baru mengakomodir dua ruas jalan kabupaten yang akan jadi jalan provinsi, yaitu ruas jalan antara Kota Lama-Muara Dilam, dan ruas jalan. Kota Lama-Sontang Kecamatan Bonai Darussalam.

"Sedangkan ruas jalan dari Simpang PIR ke Pendalian IV Koto belum diakomodir. Kita berharap secara bertahap ruas ini juga diakomodir," pungkas Anton.‎

R24/red/ags
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru