riau24 Fenomena Langka, Lima Planet akan Terlihat Sejajar | Berita Riau
Sabtu, 16 Desember 2017

Fenomena Langka, Lima Planet akan Terlihat Sejajar

0
Venus, Mars dan Jupiter akan membentuk garis lurus sejajar dengan Bulan. (dok.Stellarium)
Berita Riau -  Fenomena Langka, Lima Planet akan Terlihat Sejajar
Jakarta, Riau24.com - Untuk pertama kalinya dalam satu dekade, semua lima planet terlihat dengan mata telanjang membentuk garis sejajar di langit pada pagi. Fenomena langit langka ini akan terus berlanjut sampai 20 Februari 2016.

Dikatakan oleh astronom Dr Tanya Hill bahwa Merkurius, Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus yang terlihat pagi ini, sejajar tinggi di utara ke rendah di timur. Planet tersisa seperti Neptunus dan Uranus, planet Pluto yang tidak terlihat dengan mata telanjang.
"Hanya ada beberapa hal menakjubkan di langit malam yang dapat dilihat tanpa peralatan apapun," kata Dr Alan Duffy dari Swinburne University.

Dikatakan oleh sejumlah ilmuwan tersebut, waktu dimulainya fenomena ini bisa dilihat pada pukul 5:30 hingga 05:40 EDT, namun pengamat langit di Melbourne melaporkan langit berawan membuat planet mungkin akan sulit terlihat.

Waktu akan menjadi diperluas untuk kesempatan selama satu jam dari pukul 5:00 hingga 6:00 sampai 20 Februari 2016 mendatang.

Dr Hill mengatakan Venus, Mars, Jupiter dan Saturnus telah terlihat bersama sejak awal tahun dan sekarang akan bergabung dengan Merkurius, yang transisi dari malam ke objek pada pagi hari.

"Pada awalnya akan tampil cukup rendah untuk ufuk timur dan dari semua planet itu juga samar, sehingga akan sulit untuk melihat untuk memulai namun berlahan akan terlihat," kata Dr Hill.

"Namun, Merkurius akan terus meningkat lebih tinggi setiap pagi dan pada awal Februari itu akan duduk tepat di bawah Venus," tambahnya.

Seperti ini nanti komposisinya, mulai dari ufuk timur, Merkurius dan Venus akan muncul dalam urutan, maka Saturnus diikuti oleh Mars, dengan planet terbesar di tata surya, Jupiter yang terakhir di dalam barisan.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru