riau24 Hanya 96 Kopersi Ikut RAT di Kuansing | Berita Riau
Rabu, 13 Desember 2017

Hanya 96 Kopersi Ikut RAT di Kuansing

0
Kadis Kopindag
Berita Riau -  Hanya 96  Kopersi Ikut RAT di Kuansing

Kuansing, Riau24.com - Dari 192 Koperasi yang masih aktif di Kabupaten Kuantan Singingi, ternyata hanya 96 koperasi yang telah mengikuti  Rapat Anggota Tahunan (RAT), sedangkan sisanya sekitar 96 lagi yang tidak melakukan RAT.

Padahal RAT sangat penting dan salah satu syarat berdirinya koperasi, sedangkan batas akhir RAT berdasarkan UU NO. 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian dan Anggaran Dasar Koperasi adalah akhir Mei, setelah dilakukan tutup buku pada 31 Desember. Sebelum aturan ini dikeluarkan, bahwa batas akhir dilaksanakannya RAT oleh seluruh koperasi adalah tiga bulan setelah tutup buku atau 31 Maret.

" Bagi koperasi yang tidak melakukan RAT, maka akan segera di evaluasi," Ungkap Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kuantan Singingi, H. Tarmis, S.Pd, MH melalui Kepala Bidang Koperasi Yusrizal, S. Sos ketika dihubungi .

Menurutnya, Jumlah Koperasi di Kuansing berkurang bila dibandingkan tahun 2014 lalu yang mencapai 250 buah koperasi yang ada, karena data RAT per 31 desember 2015 hanya sekitar 192, akan tetapi bila data koperasi yang telah RAT sangat meningkat. Buktinya RAT per 31 desember saja mencapai 96 buah dan tahun 2014 lalu hanya sekitar 64 koperasi saja.

Ditambahkannya, RAT bagi koperasi sangat penting artinya, karena untuk menghitung besarnya modal usaha maupun banyaknya, dan bagi yang tidak melakukan RAT sudah barang tentu tidak aktif, karena keberadaan suatu kioperasi terletak pada RAT yang dilakukan setiap tahunnya oleh pengurus koperasi dan dilaporkan ke Diskopindag.

Dijelaskannya, Diskopindag tentu saja akan evaluasi koperasi yang tidak melakukan RAT, dan bahkan koperasi tersebut tidak berhak memperoleh bantuan dari pusat. " Suatu koperasi yang berbentuk badan hukum wajib melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sesuai Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2012 tentang Perkoperasian dan Anggaran Dasar (AD)," Paparnya.

Apabila dalam dua tahun berturut-turut koperasi tidak melaksanakan RAT, sesuai dengan aturan maka koperasi itu termasuk koperasi yang tidak aktif lagi alias pasif, sebutnya.

" Kita ketahui bersama, bahwa koperasi dan UKM telah menjadi pilar utama dalam memacu pembangunan dan pertumbuhan ekonomi secara nasional dan juga di Kuansing. Untuk lebih baiknya, perlu perbaikan kelembagaan, yakni dengan cara melaksanakan RAT sesuai aturan," Tukasnya.

R24/red/zar

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru