riau24 Ikuti Perda Membuang Sampah Kalau Tidak Mau Kena Sanksi | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Ikuti Perda Membuang Sampah Kalau Tidak Mau Kena Sanksi

0
Berita Riau -  Ikuti Perda Membuang Sampah Kalau Tidak Mau Kena Sanksi
Pekanbaru, Riau24.com - Memasuki masyarakat ekonomi asean, Pekanbaru semakin banyak dihadiri para pelaku-pelaku usaha baru. Pekanbaru sendiri sebagai kota Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) dan sebagai kota jasa, tentunya harus memiliki suasana yang indah, udara yang bersih dan lingkungan yang nyaman. Namun, hal ini jauh panggang dari pada api, sampah masih berserakan dibadan jalan-jalan protokol dan lingkungan rumah warga. Pemandangan asri yang diharapkan masih jauh dari kenyataan.


Menanggapi permasalahan sampah, Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Kota Pekanbaru mengatakan, ada dua cara untuk menjadikan Jalan di kota Pekanbaru menjadi bersih dan terbebas dari sampah. Menjadikan jalan pekanbaru ini menjadi TPS tapi patuhi syaratnya dengan membuang malam saja, patuhi jam Perda itu. Waktu yang tepat untuk membuang sampah untuk Wilayah Kota Pekanbaru sesuai dengan Perda yang ada, yaitu pukul 18.00-06.00 WIB.

"Apabila tidak mau membuang di malam hari, mari kita bangun Tempat Pembuangan Sampah (TPS) satu kali dua meter saja. Sejauh ini kami sudah berupaya keras untuk membuat TPS di lingkungan warga. Namun, Solusi cerdas tersebut di tolak mentah-mentah oleh warga yang enggan mejual tanahnya untuk dijadikan TPS,"jelasnya.

Kurangnya kesadaran masyarakat akan kebersihan, membuat Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan Kota Pekanbaru mulai berpikir untuk memberikan sanksi sosial, guna memberikan efek jerah bagi masyarakat yang masih saja membuang sampah di luar jam Perda buang sampah.
"Tahun 2013-2014, kami anggarkan untuk lima lokasi saja TPS, akan tetapi tidak ada masyarakat yang mau menjual tanahnya. Padahal kami hanya perlu TPS satu kali dua meter saja, seukuran kuburan saja cukup, tak lebih dari itu. Biar kami yang bangun. Yang bisa kita lakukan sekarang ini adalah menghukum masyarakat secara sosial seperti memfoto pelakunya sebarkan ke media sosial dan lainnya. Karena prasarana kita terbatas. Tidak mungkin hanya kami yang tujuh belas orang saja yang menangani 1,4jt masyarakat Kota Pekanbaru ini, mari bersama-sama kita bangun ni kota Pekanbaru. Salah satu solusi yang terbaik adalah memberi sanksi bagi yang membuang sampah sembarangan,"tambahnya.
R24/mla

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru