riau24 JK Sebut Persoalan di Perbatasan RI-Timor Leste Masalah Lama | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

JK Sebut Persoalan di Perbatasan RI-Timor Leste Masalah Lama

0
Ilustrasi (istimewa)
Berita Riau -  JK Sebut Persoalan di Perbatasan RI-Timor Leste Masalah Lama
Jakarta, Riau24.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla menjelaskan persoalan di  perbatasan Indonesia dengan Timor Leste merupakan permasalahan lama.

Hal tesebut diungkapkan Jusuf Kalla (JK) menanggapi kabar Timor Leste‎ mencaplok wilayah steril di Noelbesi-Citrana, Desa Netamnanu Utara, Kecamatan Amfoang Timur, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Oh itu soal lama itu, kan itu d‎aerahnya satu," kata JK di kantornya, Jakarta, Jumat (22/1/2016).

‎Persoalan sengketa perbatasan Indonesia dengan Timor Leste itu diserahkan kepada Komite Perbatasan Bersama atau Joint Border Committee. "Kan di situ ada border komitenya yang harus menghitung perbatasan," katanya. 

Seperti diketahui, masalah perbatasan dibahas dalam pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri (PM) Republik Demokratik Timor Leste Rui Maria de Araujo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 26 Agustus 2015.

Saat pertemuan itu, kedua negara sepakat umenyelesaikan sengketa perbatasan itu pada akhir tahun ‎2015.

Menurut Presiden Jokowi, terdapat dua titik perbatasan darat yang belum terselesaikan. Namun, dia tak menjelaskan detail dua titik perbatasan itu."Tadi sudah kita sepakati untuk bisa diselesaikan pada akhir tahun ini, dua titik tadi," kata Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu 26 Agustus 2015.

Sedangkan perbatasan maritim, kata Jokowi, disepakati juga akan segera diselesaikan. "Akan dimulai dari laut yang bagian utara terlebih dahulu baru. Kemudian ke laut bagian selatan. Saya kira ini juga akan cepat bisa diselesaikan," tuturnya.

R24/rno
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru