riau24 AS dan Turki Siapkan Solusi Militer Hadapi ISIS di Suriah | Berita Riau
Senin, 11 Desember 2017

AS dan Turki Siapkan Solusi Militer Hadapi ISIS di Suriah

0
Solusi militer ini akan dijalankan jika jika perundingan damai antara pemerintah Damaskus dengan kelompok oposisi bersenjata gagal mencapai titik temu. (Reuters/Murad Sezer)
Berita Riau -  AS dan Turki Siapkan Solusi Militer Hadapi ISIS di Suriah
Jakarta, Riau24.com - Amerika Serikat dan Turki mempersiapkan solusi militer untuk menghadapi ISIS di Suriah jika perundingan damai antara pemerintah Damaskus dengan kelompok oposisi bersenjata gagal mencapai titik temu.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden usai bertemu dengan Perdana Menteri Turki Ahmet Davutoglu di Istanbul, Sabtu (23/1/2016). 

Putaran terbaru perundingan damai Suriah rencananya akan dilanjutkan pada Senin besok di Jenewa. Namun perundingan terancam tertunda karena perselisihan soal siapa yang seharusnya mewakili oposisi.

Kelompok bersenjata mengatakan bahwa setiap kegagalan perundingan damai adalah akibat pemerintah Suriah dan Rusia. Perundingan damai diperlukan demi menciptakan situasi yang kondusif di Suriah untuk mengalahkan ISIS.

"Kami menyadari bahwa solusi politis lebih baik, tapi kami telah bersiap jika itu tidak mungkin, untuk melakukan solusi militer dalam operasi mengalahkan Daesh," kata Biden, menggunakan akronim ISIS dalam bahasa Arab.

Oposisi Suriah yang didukung Arab Saudi menegaskan mereka tidak akan melakukan perundingan langsung kecuali pemerintah Bashar al-Assad menghentikan serangan udara yang dilakukan Rusia.

Serangan udara Rusia dilaporkan telah menewaskan sedikitnya 3.000 orang, lebih dari 1.000 di antaranya adalah warga sipil. 

Biden juga mengatakan telah merundingkan dengan Davutoglu bagaimana meningkatkan dukungan AS dan Turki untuk kelompok pemberontak Sunni dalam menggulingkan rezim Assad.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru