riau24 Hati-Hati, Pejabat Tak Transparan Bisa di Pidana | Berita Riau
Senin, 05 Desember 2016

Hati-Hati, Pejabat Tak Transparan Bisa di Pidana

0
Berita Riau -  Hati-Hati, Pejabat Tak Transparan Bisa di Pidana
Pekanbaru,Riau24.com- Belum semuanya pejabat di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau transparan dan terbuka soal informasi publik, jadi perhatian serius Komisi Informasi Publik (KIP) Riau.
 
"Intinya, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang tidak mau transaparan, berarti SKPD-nya masih bermental manipulatif," sindir Ketua KIP Riau, Mahyudin Yusdar.
 
Dia mengatakan, meski dalam hal perumusan rencana keuangan, lembaga pengambil kebijakan berhak untuk mempertimbangan masalah gejolak publik dalam memutuskan kebijakan. Termasuk soal Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) yang saat ini sedang dalam tahap evaluasi rasionaliasi sesuai intruksi Pemerintah Pusat.
 
"Tapi tidak ada salahnya, tidak ada salah pejabati-pejabat abdi negara ini membuka informasi yang memang informasi publik, terutama informasi yang sifatnya berkala," paparnya. 
 
Namun, lanjut Mahyudin, demi transparansi tidak masalah informasi itu dikemukakan ke masyarakat atau publik. Dengan tujuan supaya publik sendiri bisa melakukan backup. Justru, akan lebih beresiko kalau informasi itu justru dibuka dikemudian hari.
 
Dalam tatanan UU KIP, sebut Mahyudin, pejabat tinggi di lingkungan Pemprov Riau bisa saja terjerat hukum hanya karena persoalan informasi publik yang selalu ditutup-tutupi. SKPD yang menutup informasi itu dianggap melawan hukum.
 
"Pastinya bisa dikenakan sanksi. Baik berupa sanksi perdata, pidana atau sanksi administratif,"tutupnya.
 
 
R24/adi
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru

Versi Mobile

   Riau24.com
                       Informasi Anda Genggam