riau24 Penangkapan Pelaku dan Penadah Curanmor di Wilayah Kampar | Berita Riau
Selasa, 12 Desember 2017

Penangkapan Pelaku dan Penadah Curanmor di Wilayah Kampar

0
Paur Humas Iptu Deni Yusra
Berita Riau -  Penangkapan Pelaku dan Penadah Curanmor di Wilayah Kampar
Kampar, Riau24.com - Meskipun telah berhasil mengungkap komplotan pelaku dan penadah hasil pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang kerap beraksi di wilayah Kabupaten Kampar. Polres Kampar menghimbau kepada pemilik kendaraan agar selalu mengunakan kunci ganda dan pasang alat pengaman.

"Walaupun pihak Kepolisian telah mengungkap beberapa komplotan pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor) antar kabupaten beberapa waktu belakangan ini, namun para pelaku kejahatan kunci T ini sepertinya belum kapok melakukan aksinya," ujar Kapolres Kampar AKBP Ery Apriyono melalui Paur Humas Iptu Deni Yusra kepada wartawan, Selasa (26/01/2016) di Bangkinang Kota.

Menurut Deni, agaknya hal ini perlu disikapi dengan upaya upaya pencegahan oleh masyarakat pemilik kendaraan agar tidak menjadi korban pelaku Curanmor.

"Pada kesempatan ini, kami pihak Kepolisian dari Humas Polres Kampar menghimbau kepada masyarakat khususnya pemilik kendaraan terutama jenis sepeda motor untuk memasang alat pengaman tambahan pada kendaraan anda," katanya.

Dijelaskannya, beberapa peralatan tambahan bisa anda dapatkan di toko - toko peralatan motor maupun assesoris seperti kunci roda, remote control, gembok dan lain - lain, atau membuat tombol rahasia untuk memutus sirkulasi elektrik dan engine yang diletakkan ditempat tersembunyi pada motor anda.

"Biasanya para pelaku Curanmor akan memilih sasaran yang mudah dalam melakukan aksinya, untuk itulah perlu langkah langkah tersebut agar tidak menjadi korban Curanmor," tuturnya.

Selain itu juga, lanjut Deni, perlu kewaspadaan dalam memilih lokasi parkir disaat akan meninggalkan kendaraan, utamakan parkir dilokasi parkir yang dikelola walaupun anda harus mengeluarkan biaya parkir. Bila tidak ada carilah lokasi yang mudah terlihat dan sesekali kontrol kendaraan anda tersebut.

"Tidak kalah penting bahwa maraknya aksi Curanmor ini salah satunya juga karena perilaku yang salah sebagian warga masyarakat yang masih mau membeli kendaraan yang tidak jelas asal usulnya serta tidak memiliki surat yang lengkap," ungkap Deni.

Ditegaskan Deni, terhadap para penadah atau pembeli kendaraan hasil kejahatan ini juga diancam dengan pidana sesuai pasal 480 KUHP dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

"Semoga himbauan ini bisa memberikan masukan ataupun pengetahuan kepada masyarakat luas agar tidak menjadi korban pelaku Curanmor," harapnya.

R24/red/rif
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru