riau24 Komisi IV Panggil Instansi Terkait untuk Bahas Jalan Lingkar | Berita Riau
Selasa, 19 Desember 2017

Komisi IV Panggil Instansi Terkait untuk Bahas Jalan Lingkar

0
Berita Riau -  Komisi IV Panggil Instansi Terkait untuk Bahas Jalan Lingkar
 
Pekanbaru, Riau24.com - Takut dan khawatir akan menghambat kelanjutan pembangunan Jalan Lingkar Luar di Kelurahan Okura dan Lembah Damai, Kecamatan Rumbai Pesisir. Dengan menuai polemik, terutama persoalan ganti rugi tanah warga tempatan.
 
Hal itu, disikapi Komisi IV DPRD Pekanbaru ini dengan memanggil sejumlah Satker terkait masalah ini. Antara lain itu instansi Bidang Pemerintahan (Tapem), Dinas Bina Marga, BPN, Camat Rumbai Pesisir dan pihak terkait lain. Dan ini untuk kelancaran pengerjaan Jalan Lingkar Luar tersebut.
 
"Kita memang sengaja melakukan hearing ini terkait kelanjutan akan pembangunan Jalan Lingkar Luar. Karena, khawatir ini menghambat kelanjutan pembangunan Jalan Lingkar Luar di Kelurahan Okura dan Lembah Damai. Sebab, ada persoalan 93 KK di daerah itu," kata Roni Amriel.
 
Ini disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru se-usai hearing. Karena katanya, sekitar untuk pembangunan itu ada yang tidak mau tanahnya diambil pakai ini sistem konsolidasi tanah (KT). Tapi sebanyak 93 KK di daerah ini ingin tanahnya diganti rugi. Bukan sistem KT.
 
"Yang bersikokoh itu, terutama mantan pejabat Pekanbaru dan pejabat Riau yang tanahnya kena imbas pekerjaan jalan lingkar. Hal hearing ini guna mencari solusi terbaik kepada masyarakat yang tidak mau tanah terkena imbas pembangunan jalan lingkar," ujar Roni Amriel.
 
Seperti diketahui, program KT ini dilahirkan oleh Pemko Pekanbaru berdasarkan aturanya dari BPN, yakni 30 persen dari tanah warga kena pembangunan jalan lingkar tidak dibayar. Sementara itu, 70 persen sisanya ditata ulang oleh pemerintah.
 
"Sosialisasi yang memang kurang kepada masyarakat. Jadi dengan ketidak tahuan dari masyarakat terhadap informasi konsulisasi tanah tersebut. Sehingganya ini, masyarakat yang memiliki tanah tersebut enggan melepaskan tanah untuk kepentingan Jalan Lingkar Luar," ujar Roni.
 
Lebih lanjut disampaikan, dalam hal ini pihak BPN sendiri bersedia dan berkomitmen untuk turun ke lapangan membantu memberikan penjelasan pada masyarakat. Hal pembangunan ini, sambungnya, sejauh ini yang sudah siap baru 6 KM dari 16,5 KM.
 
R24/rul
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru