riau24 Tangga Besi dan Kayu, Jadi Daya Tarik Wisatawan | Berita Riau
Minggu, 27 Mei 2018

Museum Sejarah Balai Kerapatan Tinggi Siak

Tangga Besi dan Kayu, Jadi Daya Tarik Wisatawan

3
Berita Riau -  Tangga Besi dan Kayu, Jadi Daya Tarik Wisatawan

Siak, Riau24.com - Museum sejarah Balai Kerapatan Tinggi Siak yang menjadi Salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Siak menyimpan banyak keunikan dan sejarah yang menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung ditempat tersebut, baik dari dalam maupun luar negeri salah satunya yang menjadi daya tarik dengan keberadaan dua tangga yang ada disebelah kanan dan kiri bangunan yang mana masing masing tangga ada yang terbuat dari besi dan ada juga yang terbuat dari kayu.

Museum tersebut dahulunya merupakan tempat persidangan yang dilakukkan oleh raja siak apabila rakyatnya ada yang bersengketa,namun untuk mengenang keberadaan gedung tersebut sekarang bangunan bersejarah itu dijadikan museum sejarah.

Perbedaan kedua tangga yang ada di museum tersebut bukan hanya sekedar tangga, namun tangga tersebut memiliki arti dan sejarah yang sangat menarik. "Tangga yang ada di sebelah kanan yang terbuat dari besi itu dahulunya menjadi tempat turun apabila selesai persidangan dan ditetapkan untuk orang yang tidak bersalah atau yang memenangkan persidangan, sedangkan tangga yang berada di kiri yang terbuat dari kayu untuk orang yang bersalah atau yang kalah dari persidangan dan langsung dimasukan ke dalam penjara yang ada di sekitar bangunan sedangkan untuk para keluarga menunggu hasil sidang di bawah ruangan yang letaknya persis dibawah kedua tangga tersebut," ujar Ayu salah satu penjaga museum tersebut, Selasa (26/01/2016).

Selain itu, ayu menerangkan wisatawan yang berkunjung ke museum sebagian besar mereka tertarik dengan kedua tangga tersebut, namun sebenarnya ada tiga yangga yang ada di museum yang satunya yakni tangga yang ada di pintu masuk ke balai, tambah ayu.

Selain adanya tangga,didalam museum juga terdapat berbagai benda peninggalan sejarah dan juga berbagai benda yang dahulunya menjadi permainan anak anak negeri melayu yang terletak dilantai bawah, sedangkan dilantai atas yang menjadi ruang utama terdapat ruangan yangasih ditata seperti ruang persidangan dan masih juga terdapat duplikat kursi emas raja siak.

R24/red/lin

Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Juliana Lim
Minggu, 22 April 2018 07:57 wib
Hanya cukup anda menglike Facebook kami dan melakukan deposit minimal 50ribu Untuk cara selanjut nya juga, anda bisa kunjungi / hubungi kami di sini HP: +6281377055002 BBM: D1A1E6DF
S1288poker
Jumat, 09 Maret 2018 16:04 wib
Yuk kunjungi S1288POKER agen poker online uang asli terpercaya indonesia. Dilayani oleh customer service yang ramah dan baik yang siap melayani anda selama 24 jam Non-stop. Proses Deposit dan Withdraw tercepat hanya 5 menit. Di S1288POKER kalian bisa memainkan 6 permainan hanya dalam satu user id. Ayooo..tunggu apalagi yuk daftarin diri kalian segera di S1288POKER untuk dapatin bonus yang menarik serta pelayanan Customer Service yang sangat memuaskan. (PIN BBM : 7AC8D76B)
Misery
Sabtu, 27 Januari 2018 07:43 wib
TANGKAS ONLINE TERPERCAYA ID303 Kami tunggu kedatangan Anda ya Bos & daftarkan diri Anda sekarang juga.. Banyak promo dan Hadiah Menarik Khusus Untuk Anda, dan mainkan permainan terbaik kami Tangkasnet dan 88tangkas hanya di id303 Ayo Segera bergabung Dengan Kami !!! Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di : BBM : 7B3130BF whatsapp : +6281326993756 wechat : ID303 line : cs.ID303
Nama :
Komentar :
     
Loading...

Berita News24xx

loading...

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru