riau24 Eks Pemimpin Gafatar: Kami Tak Bermimpi Membentuk Negara | Berita Riau
Minggu, 17 Desember 2017

Eks Pemimpin Gafatar: Kami Tak Bermimpi Membentuk Negara

0
Mantan Ketua Umum Gafatar Mahful M. Tumanurung menjelaskan perihal organisasinya. Banyak anggota Gafatar kini dipulangkan dari Kalimantan ke Jawa. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Berita Riau -  Eks Pemimpin Gafatar: Kami Tak Bermimpi Membentuk Negara
Jakarta, Riau24.com - Mantan Ketua Umum Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) Mahful M. Tumanurung menyatakan organisasinya tidak pernah sedikit pun berniat membentuk negara sendiri. Anggapan itu, menurutnya, tak lebih dari isu miring yang berkembang di tengah masyarakat. 

"(Asumsi) ini luar biasa. Kami sangat tersanjung orang-orang seperti kami dinilai mau membangun negara. Kami tidak bermimpi membentuk negara dan menjadi penguasa," kata Mahful saat konferensi pers di kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Jakarta, Selasa (26/1/2016). 

Bahkan, ujar Mahful, Gafatar tidak mau menerima kekuasaan meski ada tawaran demikian. Gafatar, kata dia, hanya bercita-cita mewujudkan kedaulatan pangan untuk mengantisipasi krisis pangan dunia.

"Kami sangat cinta negeri ini. Izinkan kami berlomba membangun negeri ini. Sekarang kita sudah bisa lihat tanda-tanda luar biasa krisis pangan," kata Mahful.

Ia kemudian menjelaskan alasan anggotanya pindah ke Kalimantan dari tempat asal mereka masing-masing. Kalimantan dipilih karena dianggap sebagai wilayah yang subur, strategis, dan cocok untuk bertani.

Harga tanah di Kalimantan juga lebih terjangkau dibanding daerah lain. Oleh karena itulah program kedaulatan pangan Gafatar diputuskan untuk dikerjakan di Kalimantan.


"Kami imbau dan ajak tanpa paksaan sediki pun bagi warga eks Gafatar untuk berangkat ke Kalimantan. Tentu dengan usaha dan dana sendiri. Mereka mencari lahan dan berkoordinasi dengan Dewan Pimpinan Gafatar di daerah," kata Mahful. 

Mahful juga mengatakan, Dewan Pimpinan Gafatar di daerah dibentuk untuk melakukan koordinasi terkait program kedaulatan pangan tersebut. Jadi, tegas Mahful, Dewan Pimpinan Daerah Gafatar bukan dibentuk untuk mewujudkan misi membentuk negara. 

"Ada ribuan eks Gafatar di Kalimantan yang harus dikoordinasikan. Kami hanya bertujuan memakmurkan negeri ini dengan apa yang ada di alam semesta. Syukur-syukur Indonesia bisa menjadi mercusuar dunia," ujar Mahful.

Mahfud datang ke YLBHI didampingi beberapa eks anggota Gafatar, antara lain Wisnu Windhani, Tubagus Abduh, Muchtar Asni, Munandar, Jusuf Damarjati, Heru Mulyantoro, serta Ratna.

R24/rno 
Untuk berbagi Berita/ Informasi/ Peristiwa
Silahkan SMS ke No HP : +62 853 2000 4928,
atau email ke alamat : redaksi.riau24@gmail.com
(harap cantumkan data diri anda).

Berita News24xx

Loading...
loading...

Komentar Anda (tidak mengandung SARA)

Nama :
Komentar :
     

Berita Terbaru

  • Subscribe
    untuk mendapatkan berita terbaru